5 Keutamaan Puasa Ramadhan yang Harus Diketahui

Siti Mahmudah - Ramadhan 05/04/2022
Ilustrasi Ramadhan (Foto: Pixabay)
Ilustrasi Ramadhan (Foto: Pixabay)

Oase.id - Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan istimewa bagi umat Islam. Bulan ini dipilih oleh Allah sebagai bulan yang memiliki banyak keutamaan. Apa saja keutamaan atau perkaranya? 

Berikut ini Oase.id merangkum 5 keutamaan puasa Ramadhan.

1. Mendapatkan pahala yang tidak diketahui orang

Nabi ﷺ Bersabda, menceritakan firman Allah Swt:

“Setiap perbuatan anak Adam adalah untuk dirinya sendiri, selain puasa. Sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan memberi balasannya."

Puasa itu rahasia, tidak ada suatu perbuatan disaksikan orang, lain halnya ibadah dan ketaatan lainnya. Karena puasa itu rahasia, maka Allah yang akan memastikan balasannya.

2. Mendapatkan ampunan dosa yang telah lampau

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radiyallahu anhu (RA), bahwa Rasul bersabda:

“Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan dengan iman dan ikhlas, maka diampunilah dosanya yang telah lalu.”

3. Allah membebaskan 600.000 orang dari neraka

Bersumber dari Nabi ﷺ, ia bersabda:

“Sesungguhnya Allah Ta’ala pada setiap jam di bulan Ramadhan membebaskan enam ratus ribu orang dari neraka, di antara mereka yang sepatutnya mendapat siksa, sampai tiba Lailatul Qadar. Sedang pada malam Qadar itu, Dia membebaskan sebanyak orang yang dibebaskan sejak awal bulan. Dan pada hari raya fitrah, Dia membebaskan sebanyak orang yang dibebaskan sejak awal bulan sampai hari raya Idul Fitri.”

4. Segala doa dikabulkan, sedekah diterima, kebaikan dilipatgandakan

Bersumber dari Jabir, dari Nabi ﷺ, ia bersabda:

“Apabila tiba malam terakhir dari bulan Ramadhan, maka menangislah langit, bumi dan para malaikat atas musibah yang menimpa umat Muhammad ﷺ."

Lalu, seorang bertanya: “Ya Rasulullah, musibah apakah itu?”

Jawab Rasul: “Pergilah bulan Ramadhan. Karena sesungguhnya doa-doa di waktu itu dikabulkan, sedekah-sedekah diterima, kebaikan-kebaikan dilipatgandakan, sedang azab ditahan.”

5. Malaikat mencatat kebaikan-kebaikan

Bersumber dari Nabi ﷺ, bahwa beliau bersabda:

“Sesungguhnya Allah Ta’ala menyuruh para malaikat pencatat yang mulia pada bulan Ramadan supaya mencatat kebaikan-kebaikan dari umat Muhammad Saw dan jangan mencatat kesalahan-kesalahan mereka serta mengapuskan dosa-dosa mereka yang telah lalu.”


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus