Yang Perlu Diketahui tentang Kurma di Arab Saudi

N Zaid - Buah Kurma 27/08/2022
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Kurma adalah simbol ikon keramahan Arab dan bagian penting dari kehidupan di kerajaan. Contoh kasus: Saat memasuki rumah atau kantor Saudi, Anda akan sering disambut dengan persembahan kurma dan qahwa (kopi Arab). Pohon kurma disebutkan 22 kali dalam Al-Qur'an, dan Nabi Muhammad ﷺ pernah berkata bahwa rumah dengan kurma tidak pernah miskin - buah yang bergizi telah menjadi makanan pokok orang Saudi sejak zaman kuno.

Sejarah Kurma Arab Saudi

Kerajaan tersebut sekarang menjadi produsen kurma terbesar ketiga di dunia, yang telah dibudidayakan dan diperdagangkan di seluruh wilayah tersebut sejak 7000 SM. Tidak mengherankan jika lambang Arab Saudi menampilkan pohon kurma yang terletak di antara dua pedang bersilang.

Sebanyak 800.000 metrik ton dipanen setiap tahun di Arab Saudi. Setelah dipetik, kurma dibiarkan matang dalam empat tahap: kimri (mentah, hijau), khalal (ukuran penuh, renyah, kuning), rutab (matang, lunak) dan tamr (matang, dijemur, gelap); mereka dinikmati di setiap tahap.

Selama bulan Ramadhan, Nabi Muhammad ﷺ dikatakan berbuka puasa dengan kurma dan air, dan banyak Muslim di seluruh dunia mengikutinya, karena kurma menawarkan karbohidrat yang tersedia untuk dorongan cepat setelah seharian berpuasa, ditambah protein dan serat untuk tubuh. pencernaan lebih lambat, yang mencegah tabrakan gula.

Bebas lemak, kolesterol dan sodium, kurma adalah sumber nutrisi. Kurma lebih kaya potasium daripada pisang, yang dapat membantu pemulihan otot dan membantu mengatur tekanan darah. Kurma penuh dengan mineral dan vitamin penting, termasuk kalsium, tembaga, magnesium, vitamin K dan vitamin B, dan mereka dikemas dengan sifat anti-inflamasi untuk meningkatkan kesehatan otak dan antioksidan untuk membantu melawan penyakit. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa makan kurma setiap hari selama bulan-bulan terakhir kehamilan dapat meningkatkan persalinan alami.

Selain manfaat nutrisinya, kurma juga lezat. Selain kurma Medjool yang umum dikenal, ada lebih dari 300 varietas yang ditanam di Arab Saudi, masing-masing dengan rasa dan tekstur yang unik.

Jika Anda mengetahui jenis kurma yang ingin Anda beli, Anda bisa menemukannya dan mencicipi kurma dan membelinya sebagai hadiah di butik kurma, seperti Talah Al-Jood atau Bateel, di mana buahnya dipajang seperti perhiasan dan dikemas dalam kotak elegan agar sesuai. Namun, cara terbaik untuk berbelanja kurma adalah cara tradisional. Pergilah ke souq (pasar) tua di kota mana pun, di mana Anda dapat mengawasi kurma yang baru dipanen dari Agustus hingga November, berbicara dengan vendor tentang varietas unik mereka, dan menawar harga terbaik.

Souq Al Tumor
Jika Anda berkesempatan, lakukan perjalanan khusus ke Souq Al Tumor, pasar pusat kurma di Medina, di mana Anda akan menemukan lebih dari 100 penjual yang menjual lebih dari 150 varietas kurma. Saat mencicipi, selalu pastikan untuk membelah kurma menjadi dua dengan jari Anda untuk membuang bijinya dan untuk memastikannya bebas dari hama yang tidak diinginkan.

Jenis Kurma di Arab Saudi
Meskipun Anda dapat menghabiskan sebagian besar perjalanan Anda untuk mencicipi kurma, 10 varietas ini harus ada di daftar teratas Anda: Ajwa, Anbara, Barhi, Khalas, Khudri, Mabroom, Safawi, Saghai, Sukary, dan Zahid.

7 Fakta Lezat Tentang Kurma di Arab Saudi

Dengan Arab Saudi menjadi produsen utama kurma, berikut adalah beberapa fakta mengagumkan seputar buah khas Timur Tengah itu.

1. Arab Saudi menempati urutan ke-2 di dunia dalam produksi kurma. Ini menyumbang 17 persen dari produksi global, yang mencapai 8,8 juta ton.

2. Visi Putra Mahkota 2030 bertujuan agar Kerajaan menjadi pengekspor kurma terbesar di dunia.

3. Arab Saudi memproduksi 1.539.755 ton kurma setiap tahun dari mana 184.000 ton diekspor dengan nilai SR860 juta (hampir US$230 juta)

4. 31.234.155 pohon palem berdiri di Kerajaan dan tersebar di lebih dari 123.000 lahan pertanian yang terbentang di 107.000 hektare.

5. Pusat Nasional Kelapa Sawit dan Kurma menetapkan “merek dagang kurma Saudi” pada tahun 2018, yang menjamin kualitas kurma dan praktik pertanian yang baik dalam produksi kelapa sawit.

6. Upaya merek dagang diselesaikan pada 1 varietas kurma lokal yang terkenal.

7. Jika Anda ingin menikmatinya dalam suasana romantis yang mewah bersama pasangan, kunjungi Cafe Bateel yang ikonik dengan cabang-cabang di seluruh Kerajaan.

Anda dapat mengharapkan pilihan kurma yang tak ada habisnya seperti kurma isi atau lapis yang terkenal dan puding kurma khas mereka yang paling baik disajikan dengan es krim qahwa ala afogato mereka.(abouther. visitsaudi)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus