Siasat Berhemat saat #DiRumahAja

Medcom.id - Keluarga 05/04/2020
Photo by Brooke Lark on Unsplash
Photo by Brooke Lark on Unsplash

Oase.id- Work from home, belajar di rumah, atau melakukan kegiatan apapun selama di pandemi global Covid-19, justru bisa membuat pengeluaran lebih boros. Salah satunya, uang keluar untuk membeli barang secara online.
 
Sebab, dengan mudah orang-orang dapat berbelanja hanya dengan akses internet. Memilih produk dan membayar dengan mobile banking. Lalu, bagaimana menyiasati diri agar berhemat selama di rumah saja

Berdasarkan ilmu psikologi, mudahnya proses belanja secara digital merupakan hal yang tentu bisa membuat orang rentan mengeluarkan uang. Hal tersebut disampaikan oleh Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga, Efnie Indrianie, M.Psi.

"Iya, karena proses untuk belanja secara digital mudah maka hal ini yang rentan membuat milenials menjadi konsumtif. Ditambah lagi cara mengurangi  kebosanan yang dilakukan selama WFH bisa saja melalui berselancar di aplikasi belanja," ujar Efnie kepada Medcom.id.

Jika mulai bosan justru lakukan hal-hal yang berbeda. Di antaranya, seperti olahraga, beres-beres rumah, baca buku, dengerin musik, dan lain-lain.

Justru, sebaiknya menyiasati diri agar tidak ikut arus sindrom panic buying. Lalu, bagaimana cara belanja yang tepat saat ada penyebaran penyakit korona.

"Tanamkan di dalam mindset bahwa pemerintah kita tidak melakukan lock down. Artinya, pergerakan transportasi yang menyediakan kebutuhan kita akan terus ada," paparnya.

 

Ia menekankan agar kita semua bisa menanamkan informasi tersebut di dalam logika kita. Maka nantinya, kita akan memiliki pertimbangan yang rasional. "Jadi belanjalah secukupnya. Jika ingin membeli untuk persediaan, belilah hal-hal yang memang sifatnya penting," pungkasnya.
 


(SBH)
TAGs:
Posted by Sobih AW Adnan