Penggunaan Masker Mengganggu Kulit Wajah? Coba Ikuti Tips Ini

Phooby Kamaratih - Corona (Covid-19) 03/08/2020
Photo by Aishah Rahman on Unsplash
Photo by Aishah Rahman on Unsplash

Oase.id– Bagi kebanyakan perempuan, kesegaran tampilan, terutama di bagian wajah menjadi sesuatu yang amat vital. Perawatan wajah, harus tetap dilakukan meskipun sebagian besar kegiatan lebih banyak dilakukan di rumah seiring merebaknya wabah korona (Covid-19).

Jika terpaksa keluar rumah, penggunaan masker wajah menjadi langkah kunci untuk mencegah terpapar virus korona. Sayangnya, penggunaan masker wajah yang terlalu lama pun bisa saja menyebabkan permasalahan kulit, seperti kulit kering atau munculnya masalah jerawat. 

Baca: 4 Tips Padu Padan OOTD dan Masker di Masa New Normal

 

Dilansir dari Mayoclinic.org, berikut adalah beberapa tips perwatan ringan agar wajah tetap fresh seiring kewajiban memakan masker selama pandemi;

 

Rutin perawatan kulit

Membersihkan dan melembabkan wajah, sebelum dan sesudah menggunakan masker menjadi penting untuk menjaga kulit tetap sehat. 

Gunakan produk dengan kandungan “noncomedogenic” yang berarti produk ini tidak akan menyumbat pori-pori.

 

 

Pelembab

Untuk mencegah dan mengurangi iritasi kulit yang disebabkan tekanan atau gesekan masker, aplikasikan produk pelembab yang mengandung zinc oxide dengan fungsi sebagai penenang dan pelindung pada kulit wajah. 

Gunakan produk ini pada pangkal hidung atau di belakang telinga.


Meringankan lecet

Jika permukaan wajah mulai lecet, segeralah untuk membersihkannya dan oleskan salep antibiotik. Selain itu, gunakan perban sebagai penghalang antara blister dan masker.


Mengobati jerawat

Untuk jerawat, bersihkan kulit secara teratur dan gunakan pelembab yang mudah larut dalam air. Cari produk perawatan jerawat yang mengandung retinoid, benzoil peroksida, dan asam salisilat. 

Baca: 3 Tips Aman Bersepeda di Tengah Pandemi Covid-19

 

Hindari menyentuh atau menekan jerawat karena akan menyebabkan peradangan dan infeksi pada area tersebut.

Jangan berhenti untuk menggunakan masker jika sedang di luar rumah sebagai langkah pencegahan korona. Namun, jika kulit mulai mengalami masalah yang lebih parah, segera hubungi dokter kulit untuk perawatan lebih lanjut.


(SBH)
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan