Penting, Hindari 5 Aktivitas ini Setelah Menerima Vaksin Covid-19

Phooby Kamaratih - Corona (Covid-19) 23/07/2021
 Photo by Gustavo Fring from Pexels
Photo by Gustavo Fring from Pexels

Oase.id – Vaksin merupakan salah satu cara terbaik mendapatkan sistem kekebalan tubuh secara kelompok yang akan meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Walaupun sampai saat ini vaksin belum dapat menjamin mampu mengakhiri pandemi virus korona sepenuhnya.

Mungkin bagi beberapa orang yang telah menjalani vaksin Covid-19 akan merasakan efek samping seperti demam hingga muntah. Untuk mencegah efek samping yang berkepanjangan, patutnya untuk mengetahui apa saja yang tidak boleh dilakukan setelah menerima vaksin Covid-19.

Dilansir dari wcnc.com, berikut ada lima hal yang menurut para ahli medis tidak boleh dilakukan setelah mendapatkan vaksin Covid-19:

1. Tidak membuat tato atau tindikan

Para ahli mengatakan ada sedikit kemungkinan itu bisa memicu respons kekebalan pada vaksin. Baiknya untuk menunggu setidaknya beberapa hari setelah menerima vaksin Covid-19 dan berkonsultasi dengan dokter ahli mengenai inginkan untuk menindik bagian tubuh.

2. Hindari vaksin lain di waktu yang sama

Untuk tidak mendapatkan vaksin lainnya dalam kurung waktu dekat setelah suntik vaksin Covid-19 dosis pertama. Para ahli vaksin menyarankan untuk menunggu setidaknya dua minggu untuk mendapatkan jenis suntikan lainnya.

3. Jangan memaksakan diri untuk berolahraga

Memaksa tubuh untuk berolahraga kemungkinan akan membuat tubuh merasa lebih buruk dan merasa kelelahan yang berlebih. Yang terbaik setelah vaksin dosis pertama adalah untuk tidak melakukan aktivitas berat atau berolahraga setidaknya satu hingga dua hari.

4. Jangan biarkan tubuh dehidrasi

Tetap terhidrasi dengan minum banyak air. Air akan membantu tubuh memproses respons kekebalan tubuh terhadap vaksin. Selain itu, jika muncul efek samping vaksin seperti demam, tetap terhidrasi akan membantu tubuh melawannya.

5. Jangan mandi dengan air suhu tinggi

Hindari mandi dengan menggunakan air hangat ke panas paling tidak dua sampai tiga jam setelah vaksin Covid-19. Hal ini mungkin akan memicu reaksi alergi dari vaksin yang disuntikan.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus