Tetap Sehat di Tengah Pandemi, Berikut 5 Makanan dengan Gizi Paling Padat

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan Corona (Covid-19) 27/07/2021
 Photo by Ponyo Sakana from Pexels
Photo by Ponyo Sakana from Pexels

Oase.id – Saat pandemi Covid-19 sangat diperlukan nutrisi yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Selain nutrisi yang baik, mengatur jumlah yang masuk kepada tubuh juga penting agar tidak menimbulkan peningkatan berat badan karena kurangnya berolahraga saat di rumah saja.

Mengonsumsi makanan yang bergizi baik juga tertulis dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 168;

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوۡا مِمَّا فِى الۡاَرۡضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖ وَّلَا تَتَّبِعُوۡا خُطُوٰتِ الشَّيۡطٰنِؕ اِنَّهٗ لَـكُمۡ عَدُوٌّ مُّبِيۡنٌ

“Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.”

Cara terbaik untuk tetap sehat dengan makan makanan yang bergizi dan takaran yang sesuai dengan kebutuhan harian. Dilansir dari healthline.com, referensi 5 makanan paling padat gizi;

1. Salmon

embed

Ikan salmon terbukti mengandung lebih banyak jumlah asam lemak omega-3. Kandungan omega-3 sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi tubuh agar lebih sehat dan risiko lebih rendah mengalami penyakit serius.

Dalam 100 gram salmon mengandung 2,8 gram omega-3, banyak protein hewani berkualitas tinggi dan banyak vitamin dan mineral, termasuk sejumlah besar magnesium, kalium, selenium, dan vitamin B. Dianjurkan untuk mengonsumsi ikan salmon setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu untuk memenuhi kebutuhan omega-3 pada tubuh.

Studi 2016 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ikan berlemak secara teratur memiliki risiko penyakit jantung, demensia, depresi, dan banyak penyakit umum lainnya yang lebih rendah.

2. Kentang

Dalam satu kentang ukuran besar mengandung  potasium, magnesium, besi, tembaga, dan mangan yang tinggi. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin C dan B yang cukup. Kentang juga merupakan salah satu makanan yang paling mengenyangkan, rasa kenyang dari kentang lebih dirasakan dibandingkan makanan lainnya.

Kentang yang telah dimasak akan membentuk pati resisten atau zat seperti serat yang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan.

3. Bawang putih

embed

Bumbu dapur yang tidak hanya dapat mengubah segala macam hindangan menjadi lezat, tetapi juga sangat bergizi. Bawang putih mengandung tinggi vitamin C, B1, B6, kalsium, kalium, tembaga, mangan, selenium dan juga senyawa seperti allicin.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa allicin dalam bawang putih dapat menurunkan tekanan darah serta kolesterol LDL total dan "jahat". Ini juga meningkatkan kolesterol HDL "baik", berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, bawang putih mentah juga mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang signifikan.

4. Rumput laut

Ada ribuan spesies tanaman yang berbeda di lautan dan beberapa diantaranya sangat bergizi. Salah satunya adalah rumput laut. Dalam rumput laut, sangat tinggi mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium dan mangan.

Selain itu, rumput laut juga memiliki antioksidan dengan kapasitas anti-inflamasi yang kuat. Kandungan yodium pada rumput laut juga tinggi, hingga mampu memenuhi kebutuhan yodium pada tubuh walaupun hanya dikonsumsi beberapa kali dalam sebulan.

5. Blueberry

embed

Buah yang termasuk dalam keluarga beri, memiliki kandungan nutrisi yang istimewa. Buah blueberry mengandung zat antioksidan tinggi yang dikaitkan dengan manfaat perlindungan pada otak dan meningkatkan kemampuan memori pada orang dewasa dengan usia lanjut.

Selain itu, pada penelitian The effect of wild blueberry (Vaccinium angustifolium) consumption on postprandial serum antioxidant status in human subjects menunjukkan bahwa blueberry meningkatkan nilai antioksidan pada darah.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus