Yuk! Ikuti Tarhib Ramadan dan Indonesia Berzikir Bersama Kemenag Malam Ini

Sobih AW Adnan - Event Islami 16/04/2020
Photo by Humas from Kemenag RI
Photo by Humas from Kemenag RI

Oase.id- Pemerintah akan menggelar Tarhib Ramadan dan Indonesia Berzikir pada Kamis 16 April 2020. Acara yang akan digelar secara online (daring) mulai pukul 19.30 sampai 20.30 WIB ini akan diikuti oleh sejumlah ulama dan keluarga besar Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) RI. 

Panitia juga mengundang seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut berzikir dan berdoa untuk kebaikan bangsa.

 

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, acara ini digelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan sekaligus mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk berdoa, berzikir, dan bermunajat agar pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dapat segera berlalu.

"Ini bagian dari ikhtiar batin kita, sebagai bangsa yang religius, setelah proses upaya lahir melalui penanganan medis terus dilakukan," kata Kamaruddin melalui keterangan pers yang diterima Oase.id pada Kamis, 16 April 2020.

embed

 

Menurut Kamaruddin, Tarhib Ramadan dan Indonesia Berzikir akan dipimpin Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Acara ini merupakan kerja bersama lintas Kementerian/Lembaga, mulai dari BNPB sebagai leading sector penangangan Covid-19, Kementerian Agama, Kemenkominfo, MUI, TVRI, dan lembaga-lembaga terkait lainnya.

"Jalannya acara akan disiarkan langsung oleh TVRI, serta live streaming dari medsos Kemenag, BNPB, dan MUI," jelasnya. 

Ia menambahkan, para ulama dari sejumlah daerah di Indonesia juga akan mengikuti zikir bersama ini. Mereka akan berzikir dari kediaman masing-masing dan ikut bergabung melalui aplikasi pertemuan daring. Hal ini agar proses zikir tetap menjaga physical distancing dan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 ini.

"Pemerintah berharap, masyarakat khususnya umat muslim, tetap dapat menyambut bulan suci Ramadan secara khidmat, meski saat ini kita tengah dihadapkan dengan ujian pandemi," tutur Kamaruddin. 

"Pemerintah juga mengajak seluruh umat untuk dapat mengikuti zikir bersama ini dari rumah masing-masing," imbuhnya.

Siaran langsung acara ini juga bisa disaksikan melalui Akun Instagram @kemenag_ri dan laman Facebook @KementerianAgamaRI.


(SBH)
TAGs:
Posted by Sobih AW Adnan