Pentingnya dan Peristiwa Besar di Jumada al-Akhir

N Zaid - Event Islami 15/12/2023
Foto: Pixabay
Foto: Pixabay

Oase.id - Juga dikenal sebagai Jumada Al-Akhir, Jumada Al-Thani muncul sebagai bulan keenam dalam Kalender Islam.

Kata Jumada berarti tanah kering dan tambal sulam, tanah yang tidak ada hujan. Oleh karena itu, ini menggambarkan masa-masa kering dalam setahun. Kalender berdasarkan bulan mempunyai peranan penting dalam hal penjadwalan waktu dan peristiwa penting dalam rutinitas sehari-hari umat masing-masing.

Berbagai jenis almanak hadir yang dibuat oleh orang-orang dari agama dan daerah lain hanya untuk mengetahui tentang peristiwa tertentu, hari raya, tradisi, dll. Nabi Suci shallallahu alaihi wa sallam mencapai usia 40 bulan ini dan siap sehubungan dengan tugas keilahiannya.

Anehnya, pada suatu hari saat ia sedang berada di dalam gua yang terletak di Gunung Hira, muncullah Malaikat Wahyu, Jibril, dan menyatakan kepadanya; Bacalah!, Dia kemudian bertanya dengan heran, “Apa yang harus saya baca?”. Sekali lagi, suara ilahi dengan sangat terbuka dan mengutip, “Bacalah, wahai Muhammad!”

Di bulan ini juga terjadi wafatnya Ummu al-Banin (RA) Fatimah Binti Huzam Al-Kulabiyah yang juga dikenal dengan sebutan Umm al-Banin yaitu Ibu dari Para Putra. Dia menikah dengan Ali bin Abi Thalib (RA). Ia termasuk anggota Banu Kilab Kalbasi, Suku Khases Al-Abbasiah (1387 S.H.), yang merupakan cabang dari Suku Qais Ailan.

Jumada Al-Thani juga berisi peristiwa kelahiran dan wafatnya Fatimah Binti Muhammad yang juga dikenang sebagai Fatimah Al-Zahra, putri bungsu Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan Khadijah. Ini adalah peristiwa bersejarah paling penting dari Jumada Al-thani.

Peristiwa dan Tanggal Penting Jumada al-Thani (Jumada al-Akhir)
3 Jumada al Thani: Wafatnya Fatimah binti Muhammad (RA) putri Nabi Muhammad SAW.
3 Jumada al Thani: Kematian Harun al Rasyid.
10 Jumada al Thani: Kemenangan Ali bin Abi Thalib (RA) dalam Pertempuran Jamal (Bassorah).
13 Jumada al Thani : Meninggalnya Ummu al-Banin (RA), istri Ali bin Abi Thalib (RA) dan ibunda Abbas bin Ali (RA).
20 Jumada al Thani: Kelahiran Fatimah binti Muhammad (RA) putri Nabi Muhammad SAW.
22 Jumada al Thani: Kematian Abu Bakar (RA).(theislamicinformation)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus