Mahkamah Agung Saudi: Rabu Adalah Awal Tahun Baru Hijriah

N Zaid - Tahun Baru Islam 18/07/2023
Foto: Arabnews
Foto: Arabnews

Oase.id - Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan Selasa bahwa Rabu 19 Juli akan menjadi awal tahun baru Islam 1445. Awal Muharram, bulan pertama kalender Islam, menandai dimulainya tahun baru.

Mahkamah Agung mengatakan komite penampakan bulan belum melihat bulan sabit di Kerajaan pada Senin, Dzul Hijjah 29, atau 17 Juli.

Oleh karena itu, diputuskan bahwa hari Selasa adalah hari terakhir Dzul Hijjah, dan Muharram akan dimulai pada hari Rabu.

Mahkamah Agung dalam sebuah pernyataan mengatakan: Menurut kalender Umm Al-Qura, Selasa akan menjadi hari terakhir bulan Dzul-Hijjah, 1444 Hijriah, bertepatan dengan 18 Juli 2023. Rabu akan menjadi hari pertama bulan itu Muharram, 1445 Hijriah, bertepatan dengan 19 Juli 2023.”

Nama Hijriah mengacu pada Hijrah, atau hijrahnya Nabi Muhammad dan para pengikutnya dari Makkah ke Madinah pada tahun 622 M.

Kalender lunar Islam terdiri dari dua belas bulan dimulai dengan Muharram dan diakhiri dengan Dhul Hijjah. Setiap bulan dimulai dengan penampakan bulan baru.(arabnews)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus