Khotbah Arafat Diproyeksikan Menjangkau 1 Miliar Pendengar di Seluruh Dunia

N Zaid - Haji 16/06/2024
foto: Arabnews
foto: Arabnews

Oase.id - Khotbah Arafat yang disampaikan pada hari Sabtu di Masjid Namira di Makkah diperkirakan menjangkau 1 miliar pendengar di seluruh dunia, menurut laporan Saudi Press Agency.

Khotbah tersebut diterjemahkan langsung ke dalam 20 bahasa sebagai bagian dari inisiatif inovatif yang diluncurkan oleh Raja Salman dari Arab Saudi pada tahun 2018. Ada juga terjemahan non-simultan ke dalam 17 bahasa lainnya.

Dipimpin oleh Kepresidenan Urusan Agama Dua Masjid Suci, proyek ini berfungsi sebagai landasan dalam menyebarkan pesan moderasi dan sentrisme yang dianut oleh situs-situs suci tersebut, kata SPA.

“Khotbah-khotbah yang diterjemahkan mempromosikan perdamaian, hidup berdampingan, dan pemahaman yang lebih mendalam tentang Islam – sebuah agama yang dibangun atas dasar belas kasihan, toleransi, dan kehidupan damai,” kata laporan itu.

Ketika proyek ini diluncurkan pada tahun 2018, terjemahan hanya ditawarkan dalam lima bahasa. Jangkauannya terus berkembang setiap tahunnya. Khotbah diterjemahkan ke dalam semakin banyak bahasa dan disiarkan di berbagai platform, termasuk platform digital, radio FM, dan saluran televisi Islam.

“Upaya ini menunjukkan komitmen Kerajaan yang tak tergoyahkan dalam melayani Islam dan komunitas Muslim global,” kata laporan itu, seraya menambahkan bahwa inisiatif ini “mencontohkan dedikasi Arab Saudi untuk melayani Dua Masjid Suci dan jamaahnya. Hal ini lebih mencerminkan komitmen kepemimpinan untuk mempromosikan perdamaian global dan nilai-nilai toleransi dan moderasi.”

Laporan tersebut melanjutkan: “Setelah melampaui 200 juta pendengar pada tahun 2020, proyek ini memenuhi tanggung jawab suci Kerajaan dalam merawat Dua Masjid Suci dan pengunjungnya. Dengan menerjemahkan khotbah Arafat, mereka secara efektif menyebarkan pesan dari tempat-tempat suci ini kepada seluruh dunia Muslim.” (arabnews)
 


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus