Siapakah Tatar Krimea? Minoritas Muslim Turki di Pantai Utara Laut Hitam

N Zaid - Muslim Tatar 14/01/2023
Pemandangan Istana Bakhchysarai Khan di Semenanjung Krimea Lukisan karya seniman Italia-Swiss Carlo Bossoli ini menggambarkan pemandangan jalanan abad ke-19 di Semenanjung Krimea (Domain publik)
Pemandangan Istana Bakhchysarai Khan di Semenanjung Krimea Lukisan karya seniman Italia-Swiss Carlo Bossoli ini menggambarkan pemandangan jalanan abad ke-19 di Semenanjung Krimea (Domain publik)

Oase.id -  Invasi Rusia ke Ukraina telah memicu apa yang kemungkinan akan menjadi salah satu konflik paling kompleks di Eropa yang mengadu dua negara multietnis satu sama lain.

Presiden Rusia Vladimir Putin sangat tertarik untuk menyoroti kehadiran neo-Nazi di dalam militer Ukraina dalam upayanya untuk "melucuti" tetangga baratnya.

Untuk mendukung pernyataan ini, para pendukungnya menunjuk pada gambar-gambar, seperti video anggota batalion sayap kanan Azov, yang melumuri peluru mereka dengan lemak babi sebagai persiapan untuk pertempuran dengan tentara Muslim Chechnya di tentara Rusia.

Sementara kehadiran simpatisan sayap kanan di barisan Ukraina sudah mapan, mencirikan seluruh militer Ukraina dan mereka yang menentang serangan Rusia sebagai "Nazi" tidak didasarkan pada kenyataan.

Selain fakta bahwa Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky adalah seorang Yahudi, tuduhan semacam itu juga dibantah oleh gambar pria berseragam tentara Ukraina yang mengangkat tangan dalam doa Islam.

Relawan Muslim dari Chechnya dan bekas republik Soviet diketahui telah berperang melawan pasukan Rusia di Ukraina sejak dimulainya permusuhan pada tahun 2014. Berjuang bersama mereka adalah anggota minoritas kecil Muslim Ukraina, yang dikenal sebagai Tatar Krimea.

Siapakah Tatar Krimea?
Seperti namanya, Tatar Krimea berasal dari wilayah Krimea di Ukraina, yang dianeksasi secara sepihak oleh Rusia dalam invasi tahun 2014.

Berasal dari wilayah tersebut setidaknya sejak abad ke-13, mereka adalah kelompok etnis Muslim Sunni yang berbicara dalam bahasa keturunan dari cabang Kipchak dari keluarga bahasa Turki, yang berarti kerabat dekat dialek Tatar yang digunakan di Rusia dan Rusia. lebih jauh terkait dengan bahasa Turki yang digunakan di Turki.

Komunitas tersebut memiliki sejarah yang kompleks, tetapi seperti kelompok Tatar terkait, etnogenesis mereka dimulai dengan penyebaran Kekaisaran Mongol pada awal abad ke-13.

Pada tahun 1241, cucu Jenghis Khan, Batu Khan, menaklukkan wilayah tersebut dan mendirikan pemerintahan Mongol, tetapi dalam beberapa dekade berikutnya kerajaan besar, yang meliputi wilayah dari Eropa Timur hingga semenanjung Korea, mulai terpecah.

Bagian barat diperintah oleh konfederasi suku Turki dan Mongol, yang kemudian dikenal sebagai Gerombolan Emas.

Penguasa baru ini mulai menikah dengan penduduk asli di Rusia dan Ukraina dan mengadopsi dialek Turki, serta Islam, sebagai agama. Masjid Ozbek Han di Staryi Krym, masjid tertua di Krimea, dibangun pada tahun 1314.

Saat Golden Horde sendiri terfragmentasi, Tatar Krimea mendirikan Khanate independen mereka sendiri pada akhir abad ke-15.

Namun, dengan Kekaisaran Rusia dan Ottoman berkembang di kedua sisi Laut Hitam, Tatar Krimea berjuang untuk menegaskan kemerdekaan mereka di tengah perebutan kekaisaran oleh kekuatan saingan.

Perjanjian Kucuk Kaynarca antara kekaisaran Rusia dan Ottoman pada tahun 1774 ditujukan untuk memastikan kemerdekaan Khanate tetapi dilanggar oleh Rusia pada tahun 1783, mengakibatkan aneksasi wilayah tersebut ke dalam Kekaisaran Rusia.

Dalam beberapa dekade berikutnya, kebijakan diskriminatif memaksa puluhan ribu Tatar Krimea masuk ke negara-negara tetangga, termasuk Kesultanan Utsmaniyah.

Tatar Krimea di bawah Soviet
Sejarah modern masyarakat tidak kalah mudahnya, mengalami deportasi massal dan ketidakstabilan.

Kelaparan buatan manusia pada tahun 1930-an karena upaya kolektivisasi Soviet mengurangi populasi Tatar Krimea, dan pada Mei 1944, segera setelah merebut kembali Krimea dari kekuatan Poros, Stalin menuduh seluruh kelompok tersebut bekerja sama dengan Nazi Jerman. Akibatnya, dia memaksa mereka diasingkan ke Soviet Uzbekistan sebagai bentuk hukuman kolektif.

Aleksandr Nekrich, mendiang dosen Harvard tentang sejarah Soviet, menyelundupkan manuskrip setebal buku tentang deportasi, dan ingatan seorang wanita dicatat dalam laporan Human Rights Watch dari tahun 1991.

“Pada jam 3 pagi, ketika anak-anak sedang tidur nyenyak, tentara masuk dan meminta kami berkumpul dan pergi dalam lima menit."

“Kami tidak diizinkan membawa makanan atau barang-barang lainnya. Kami diperlakukan dengan sangat kasar sehingga kami pikir kami akan dibawa keluar dan ditembak.”

Pada minggu-minggu berikutnya, keluarga wanita itu dipindahkan secara paksa ke Xatirchi di Uzbekistan tengah.

Laporan yang sama menyatakan bahwa hampir semua Tatar Krimea dideportasi ke Uzbekistan, termasuk mantan personel tentara Soviet. Pejabat lokal dengan kendaraan pemerintah diizinkan untuk berkendara ke stasiun kereta api sebelum disuruh meninggalkan mobil mereka dan bergabung dengan sesama Tatar Krimea di kereta yang padat menuju ke timur.

Bahkan setelah kematian Stalin pada tahun 1953, puluhan ribu Tatar Krimea tetap tinggal di Asia Tengah selama beberapa dekade setelah deportasi dan komunitas yang cukup besar masih tinggal di Uzbekistan.

aneksasi Krimea oleh Rusia
Perubahan muncul di bawah periode Perestroika Gorbachev pada akhir 1980-an ketika penduduk diizinkan kembali ke tanah airnya. Pada tahun 1989, Dewan Tertinggi Krimea, bekas badan legislatif di kawasan itu, menyatakan bahwa pemindahan paksa awal adalah ilegal.

Sensus Ukraina pada tahun 2001 mencatat hanya di bawah seperempat juta Tatar Krimea, hampir semuanya tinggal di Krimea. Terlepas dari sejarah panjang mereka di semenanjung, jumlah mereka hanya 10 persen dari total populasi wilayah tersebut.

Banyak dari keturunan mereka yang dideportasi secara paksa kembali ke Krimea, menjadi pemimpin komunitas lokal, termasuk Refat Chubarov, yang merupakan ketua Mejlis Rakyat Tatar Krimea, sebuah badan perwakilan yang diakui oleh parlemen Ukraina.

Namun, badan tersebut dilarang oleh Rusia pada tahun 2016, dua tahun setelah pencaplokannya atas Krimea, dengan dalih kelompok tersebut mempromosikan ekstremisme dan nasionalisme etnis.

Moskow membenarkan aneksasi pada tahun 2014 atas dasar bahwa etnis Rusia merupakan mayoritas penduduk. Semenanjung itu juga memiliki kepentingan strategis bagi Rusia sebagai rumah bagi armada Laut Hitamnya di Sevastopol.

Sejak pengambilalihan, yang tetap tidak diakui di sebagian besar negara, Tatar Krimea mengeluhkan upaya untuk membungkam komunitas mereka. Memori bersejarah penganiayaan Soviet dan Kekaisaran Rusia berarti sebagian besar lebih memilih pemerintahan Ukraina daripada Kremlin.

Referendum yang diorganisir Rusia tentang status komunitas tunduk pada seruan boikot oleh Tatar Krimea dan minoritas Ukraina di kawasan itu. Beberapa Tatar Krimea yang menyuarakan keprihatinan tentang pengambilalihan Moskow telah menghilang di bawah kekuasaan Rusia.

Pejabat tinggi Putin di Krimea, Sergey Aksyonov, mengatakan: "Krimea kembali ke Rusia selamanya. Siapa pun yang menganjurkan perlawanan berarti menganjurkan pertumpahan darah; tentu saja kami tidak dapat menerimanya dan akan bereaksi."

Ketakutan akan penganiayaan lebih lanjut telah menyebabkan eksodus lambat Tatar Krimea dari tanah air tradisional dengan banyak yang pindah ke daerah lain di Ukraina atau ke Turki, yang secara tradisional memberikan perlindungan bagi umat Islam yang melarikan diri dari penganiayaan di wilayah pengaruh Rusia.

Mereka termasuk pemenang Eurovision 2016 Ukraina Jamala, yang melarikan diri ke Turki. Lagu kemenangannya adalah tentang deportasi paksa neneknya pada tahun 1944.

Yang lain telah bersumpah untuk tetap tinggal, baik di Krimea atau di daratan Ukraina, dengan beberapa mengangkat senjata melawan Rusia baik setelah invasi tahun 2014 dan lagi pada tahun 2022.

Dengan Ukraina sendiri sekarang berada di bawah ancaman pendudukan Rusia, Tatar Krimea menemukan diri mereka berusaha melepaskan diri dari pengaruh Moskow.(middleeasteye)
 


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus