Jemaah Haji Hadapi Panas Terik Saat Ibadah Haji 2024

N Zaid - Haji 15/05/2024
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Menjelang haji 2024, para peramal cuaca memperingatkan kondisi cuaca yang sangat panas dengan kemungkinan badai pasir di tempat-tempat suci seperti Makkah, Mina, Gunung Arafat, dan Muzdalifa.

Suhu Naik Hingga 45 Derajat Celcius

Pada musim haji tahun ini, suhu di wilayah Makkah diperkirakan mencapai 45 derajat Celcius, sehingga menyulitkan jamaah untuk menunaikan ibadah haji di cuaca panas. Perlu dicatat bahwa suhu sebenarnya bisa mencapai 48 derajat Celcius.

Kemungkinan Hujan dan Badai Pasir

Seiring dengan naiknya merkuri, para peramal cuaca juga menyebutkan adanya perubahan curah hujan, terutama pada sore hari. Sementara itu, angin kencang yang aktif dapat menyebabkan badai pasir dan debu sehingga mengurangi jarak pandang dalam jangka waktu tertentu.

Pihak berwenang telah mendesak jamaah untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi diri dari cuaca ekstrem selama haji 2024, seperti tetap terhidrasi, membawa payung, dan mencari pertolongan medis.

Untuk mengatasi kondisi cuaca yang menantang, jamaah disarankan untuk melakukan tindakan pencegahan berikut:

  • Minumlah banyak air untuk menghindari dehidrasi, terutama pada hari-hari haji yang panas.
  • Bila memungkinkan, carilah tempat berteduh atau ber-AC untuk menghindari paparan sinar matahari langsung.
  • Tetap perbarui prakiraan cuaca terkini dan saran perjalanan apa pun yang dikeluarkan oleh pihak berwenang, cara terbaik adalah mengunduh aplikasi AccuWeather.

Pusat meteorologi telah mengkonfirmasi bahwa pihak berwenang akan memantau secara ketat dan menindaklanjuti peringatan cuaca terkini di semua tempat suci untuk memastikan kesejahteraan dan keselamatan jamaah haji.(theislamicinformation)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus