Usir Kebosanan dengan Lakukan 5 Hal Ini Selama WFH

Phooby Kamaratih - Corona (Covid-19) 15/07/2021
 Photo by cottonbro from Pexels
Photo by cottonbro from Pexels

Oase.id – Work From Home (WFH) sudah dilakukan sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia. Tentu, kegiatan ini sudah tidak asing lagi bagi para pekerja selama pandemi, khususnya pada saat PPKM darurat yang mengharuskan seluruh karyawan melaksanakan WFH.

Selama WFH atau bekerja dari rumah, kebosanan adalah sesuatu yang harus diwaspadai. Kebosanan bisa muncul dan mengganggu pekerjaan selama di rumah. Tentunya hal ini perlu menjadi perhatian khusus oleh para pekerja.

Tips Menghilangkan Kebosanan Bekerja dari Rumah

Dilansir dari virtualvocations.com, dengan mengikuti tips-tips ini pekerja akan dapat lebih sadar akan gejala burnout dan berusaha untuk mengatasinya. Oase.id merangkum beberapa tips untuk burnout saat WFH :

1. Berusaha untuk selalu terkoneksi dengan teman  

Sebelum pandemi, salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan bosan adalah dengan bertemu teman-teman atau berlibur dengan orang terdekat. Namun, saat pandemi ini, sebagian besar interaksi tatap muka hilang.

Para pekerja bisa memanfaatkan cara alternatif seperti dengan membuat pertemuan virtual setidaknya seminggu sekali atau sesekali berinteraksi di luar ruangan sambil tetap menggunakan masker, menjaga jarak fisik agar terhindari dari situasi kebosanan pekerjaan di rumah.

2. Me time

Dengan me time atau waktu dengan diri sendiri tanpa adanya pekerjaan dari kantor menjadi kegiatan penting agar terhindari dari rasa bosan. Bagi sebagian orang me time mampu menghilangkan kebisingan negatif dan terlibat dalam aktivitas positif yang membawa kebahagiaan dan kedamaian. Beberapa contoh me time meliputi:

  • Membaca buku favorit
  • Bermain dengan hewan peliharaan
  • Menonton film
  • Tidur siang
  • Memasak makanan yang enak
  • Memainkan video game terbaru
  • Meditasi, peregangan, atau berolahraga

3. Tetapkan Rutinitas Harian

Dengan membuat jadwal rutinitas harian akan membuat tubuh memiliki pola pikir yang benar. Cobalah untuk mempertahankan jam kerja tertentu dan batasi tugas kerja apa pun yang mungkin menguras waktu pribadi. Ingatlah untuk menyisihkan waktu untuk beristirahat secara teratur. Walaupun bekerja dari rumah bukan berarti harus bekerja terus menerus di meja.

4. Melakukan aktivitas fisik untuk meningkatkan mood

Cara yang bagus untuk menghilangkan bosan saat WFH adalah dengan menambahkan aktivitas fisik ke rutinitas harian. Menambahkan beberapa aktivitas fisik seperti workout atau berjalan bisa menjadi solusi, karena tidak sehat untuk duduk sepanjang hari sambil menatap empat dinding yang sama. Yang terpenting untuk tetap memastikan tubuh tetap aman dan mengikuti protokol kesehatan.

5. Berkomunikasi dengan bos dan kolega kerja

Dengan tetap berhubungan dengan rekan kerja dapat meringankan kebosanan saat WFH atau apa pun yang dapat timbul saat bekerja dari jarak jauh. Selain itu, menghubungi atasan juga dapat mengurangi stres terkait ekspektasi kerja, tenggat waktu, atau produktivitas.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus