Kenali dulu Mal di Makkah Supaya Tidak Buang-Buang Waktu dan Tenaga

N Zaid - Makkah 24/07/2022
Ilustrasi: Ist
Ilustrasi: Ist

Oase.id - Jemaah haji di Indonesia yang melaksanakan umrah melonjak tajam dari lima tahun terakhir. Sebelum pandemi 2017-2018, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHUR) mencatat jemaah umrah Indonesia mencapai 1.005.806. Naik hampir dua kali lipat dalam lima tahun terakhir. 

Arab Saudi sendiri mencatat sekitar 20 juta orang datang setiap tahunnya ke Negara itu. Tentu sebagian besar adalah jemaah internasional yang umrah dan juga haji.

Dengan jemaah Umroh yang terus mengalir sepanjang tahun, dan juga musim haji, berbagai fasilitas pun marak di Kota Suci ini, tak terkecuali pusat perbelanjaan. 

Jemaah asal Indonesia pun sudah terkenal senang berbelanja di Tanah Suci, terutama untuk membeli oleh-oleh yang bisa dibawa pulang ke Tanah Air.

Berbelanja di Tanah Suci tentu sah-sah saja, asal tidak berlebih-lebihan dan tidak mengalahkan tujuan utama yaitu untuk beribadah. Jemaah dituntut lebih bijak dalam berwisata belanja di sela umrah dan haji.  Selain tidak boros, salah satu yang penting adalah mengatur waktu. Persiapan yang penting adalah mengenal pusat-pusat perbelanjaan dan mal terlebih dulu. Tujuannya, agar tidak meraba-raba lagi tempat yang akan dituju sehingga waktu dan energi tidak terbuang-buang sehingga ibadah pun tetap optimal. 

Untuk itu, seperti dikutip dari Accor.com, berikut adalah tempat perbelanjaan dan mal di Makkah dan kekhasannya untuk memudahkan momen wisata belanja saat di Makkah sesuai keperluan:

1. ABRAJ AL BAIT MALL
Ukuran Abraj Al Bait Mall sangat menakjubkan: 4.000 toko di lima tingkat dan tempat parkir untuk 1.000 mobil. Bagian dari Proyek Wakaf Raja Abdulaziz, kompleks komersial paling terkenal di Makkah berdiri tepat di depan Gerbang Raja Abdulaziz, beberapa langkah dari Masjidil Haram.

Wanita akan menyukai merek pakaian dan toko parfum lokal dan internasional, serta koleksi aksesoris dan tas. Mencari hadiah untuk dibawa pulang? Ada banyak toko suvenir yang menjual apa yang Anda cari – bahkan jika Anda tidak tahu apa yang Anda cari.

Tidak ada kesempatan untuk kelaparan di Abraj Al Bait. Food court internasional mal di lantai 4 dan 5 ini memiliki restoran dan kafe dengan kapasitas lebih dari 5.500 orang. Anda dapat menikmati apa saja mulai dari makanan cepat saji hingga santapan mewah. Untuk rehat kopi, nikmati kesempurnaan Makkah Raffles Café dengan balkonnya yang menghadap ke Masjidil Haram.

2. AL AZIZIYAH, HOTSPOT BELANJA
Distrik Aziziyah, 10 menit berjalan kaki ke timur Masjidil Haram, terkenal dengan pasarnya. Pasar Sentral Al Aziziyah adalah tempat yang populer untuk berbelanja setelah haji, yang dipenuhi dengan pakaian, tekstil, tas, sepatu, kosmetik, dan peralatan rumah tangga. Jika Anda mencari emas dan perhiasan, ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Tepat di sebelah Pasar Pusat Al Aziziyah, Pasar Al Majaz memiliki merek internasional dan berbagai toko tekstil dan perhiasan. Anak-anak akan menyukai area bermain anak-anak di lantai dasar.

Ini bukan satu-satunya pusat perbelanjaan di Al Aziziyah. Berjalan beberapa menit dan Anda akan melihat banyak mal menarik lainnya, termasuk Pusat Perbelanjaan Al Salam, Kompleks Keluarga Internasional, dan Mal Internasional Aryam – dan banyak lagi! Apa pun yang Anda cari, Anda pasti akan menemukannya di sini.

3. MAKKAH MALL, COCOK UNTUK ANAK-ANAK
Berjalanlah ke selatan di lingkungan Aziziyah dan Anda akan menemukan Makkah Mall di King Abdullah Road. Pusat perbelanjaan besar ini memiliki lebih dari 140 merek dan area hiburan, termasuk taman hiburan Billy Beez untuk anak-anak dan cabang supermarket Hyper Panda. 

Anda akan menemukan banyak kafe dan restoran di antara toko-toko, serta food court dengan berbagai pilihan internasional. Hanya 15 menit berjalan kaki dari Masjidil Haram dan memiliki fasilitas parkir yang baik, sehingga Anda akan melihat banyak pengunjung dan peziarah menjelajahi toko-toko.

4. BERHENTI DI AL HIJAZ MALL DALAM PERJALANAN KE JEDDAH
Terletak di jalan raya Makkah-Jeddah, Hijaz Mall adalah tempat yang tepat untuk berhenti di jalan masuk atau keluar kota. Salah satu pusat perbelanjaan tertua di Mekah, terkenal dengan toko-tokonya yang menjual emas, tekstil, dan pakaian.

Al Hijaz Mall memiliki cabang dari Toko Buku Jarir dan bagian khusus untuk gaun malam wanita. Anak-anak akan menyukai area hiburan di lantai pertama.

5. DESAIN MODERN DI MALL AL DIYAFA
Salah satu mal paling trendi di Makkah, Al Diyafa (yang berarti “keramahan”) terletak di Jalan Al Hajoun di distrik Al Zaher. Bangunan modern yang mencolok berisi fasilitas yang baik untuk wanita dan keluarga, termasuk area bermain anak-anak dan beberapa restoran. Anda dapat menemukan merek fashion dan kosmetik internasional paling terkenal di sini.

6. PASAR ramai
Jika Anda mencari barang berkualitas tinggi dengan harga murah, datanglah ke pasar populer tertua di Makkah, Pasar Al Otaybi. Berjarak sekitar 3 km dari Masjidil Haram dan hiruk pikuk dengan 2.000 toko di beberapa jalan, menjual segala sesuatu mulai dari suvenir hingga abaya dan emas. Kenakan sepatu yang nyaman (atau beli beberapa saat Anda di sana). Pria juga dapat menemukan pakaian berkualitas tinggi dengan harga bagus.

Pasar Al Otaybi sangat populer sehingga selama bulan Ramadhan dan musim haji bisa sangat ramai – jadi cobalah untuk datang lebih awal dan bersiaplah untuk keramaian!

Untuk oleh-oleh dan suvenir tradisional, Anda juga bisa mencoba Al Siteen Street Market di pintu masuk barat Makkah.


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus