Masjid Quba, Masjid Pertama Yang Dibangun Di Dunia

N Zaid - Masjid 25/09/2023
Masjid Quba. Foto: Pixabay
Masjid Quba. Foto: Pixabay

Oase.id - Masjid Quba adalah Masjid pertama di dunia. Ini dibangun oleh Nabi  Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan masih menjadi salah satu bangunan Islam yang berharga.

Masjid ini terletak di Madinah, Arab Saudi, disebut juga Masjid Tertua Di Dunia. Batu-batu masjid ini ditempatkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam pada saat beliau hijrah dari Makkah ke Madinah, kemudian masjid ini diselesaikan oleh para sahabatnya.

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam tinggal di masjid ini selama 14 hari dan berdoa singkat (Qasr) sambil menunggu Ali (RA) tiba di Madinah setelah menyelesaikan beberapa tugas yang diberikan kepadanya oleh Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam biasa pergi ke Masjid Quba, kadang jalan kaki atau kadang naik kendaraan, setiap hari Sabtu dan biasa salat dua rakaat, hal ini dibuktikan dengan Sahih Al-Bukhari Buku 21 jilid 2 – Hadits Nomor 284/285).

Pada abad ke-20, arsitek terkenal Abdel-Wahed El-Wakil ditugaskan untuk menjadikannya masjid yang lebih besar. Ia ingin mengadaptasi desain lama menjadi yang baru, namun masjid lama telah dirobohkan dan masjid ini dibuat dengan cara baru.

Renovasi masjid ini sudah beberapa kali dilakukan, yang pertama melakukan renovasi adalah Utsman Ibnu Affan (RA) kemudian Umar (RA) memerintahkan pembangunan menara Masjid Quba.

Pada masa Kesultanan Utsmaniyah, Abu Yali Al-Husaini membangun titik di dalam masjid yang menentukan arah sholat.

Sekitar tiga puluh tahun yang lalu, pada tahun 1984, masjid ini direnovasi lebih lanjut, membuka perluasan masjid yang memungkinkan lebih banyak orang untuk salat di dalam masjid. Sisi Utara didedikasikan untuk para Wanita, tempat mereka datang dan berdoa dengan privasi penuh.

Masjid ini sekarang memiliki empat menara yang telah selesai dibangun. 56 kubah yang dihubungkan dengan tempat tinggal para Imam dan Muazzin. Sementara itu, terdapat juga Perpustakaan dan pusat perbelanjaan yang terhubung dengan Masjid Quba.

Tempat ini memang merupakan salah satu landmark Islam terbaik yang harus kita kunjungi setidaknya sekali seumur hidup.(tii)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus