Buku-buku Al-Qur'an dan Islam Langka Dipamerkan di Pameran Buku Madinah

N Zaid - Al-Quran 05/08/2024
Foto: Iqna
Foto: Iqna

Oase.id - Sejumlah besar buku langka tentang Al-Quran dan Islam dipamerkan di pameran buku di kota suci Madinah, Arab Saudi.

Buku-buku langka tersebut berasal dari koleksi yang disimpan di perpustakaan Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Buku-buku tersebut menampilkan tema-tema seperti ilmu-ilmu Al-Quran, Hadits, dan Sirah Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Menurut situs web Al-Shoruq, buku-buku tersebut mencakup buku cetak dan manuskrip.

Salah satu buku cetak utama yang dipamerkan adalah salinan cetak Sahih Bukhari yang dicetak di Kairo pada tahun 1286 setelah Hijrah (1869).

Di sela-sela pameran buku, direncanakan akan diadakan sebuah forum untuk membahas dampak AI terhadap masa depan sastra, kritik sastra, dan aspek sastra ilmu-ilmu Al-Quran.

Perpustakaan Masjidil Haram dengan lebih dari 11.400 buku langka merupakan salah satu perpustakaan terpenting di dunia Muslim.

Buku-buku di perpustakaan ini mencakup lebih dari 8.500 manuskrip. Ada 519 salinan manuskrip Al-Quran langka di perpustakaan tersebut.

Salah satu harta karun perpustakaan tersebut adalah salinan tulisan tangan Al-Kashf wa Al-Bayan fi Tafsir al-Quran karya Imam Thaalabi Neyshaburi, seorang penafsir dan pembaca Al-Quran terkemuka pada abad ke-4 dan ke-5 Hijriah.(iqna)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus