5 Ayat Al-Quran Tentang Perintah Salat 5 Waktu

Octri Amelia Suryani - Bulan Rajab Salat Al-Quran Nabi Muhammad Saw 11/02/2022
Al Quran (Gambar oleh Afshad Subair dari Pixabay)
Al Quran (Gambar oleh Afshad Subair dari Pixabay)

Oase.id - Salat diartikan sebagai ibadah yang diawali dengan niat dan takbir, lalu diakhiri salam sambil memanjatkan doa kepada Allah. Perintah salat 5 waktu ini turun sejak Rasulullah melakukan perjalanan Isra' Mi'raj pada tanggal 27 Rajab.

Sejak terjadinya peristiwa tersebut, umat muslim diwajibkan melakukan salat 5 waktu sehari semalam dengan waktu yang telah ditentukan oleh Allah Swt.

Sebagaimana firman Allah Swt dalam penggalan Al-Quran Surah An-Nisa ayat 103:

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Artinya: Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

Begitu banyak ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang perintah salat. Tapi pada kali ini Oase.id hanya merangkum 5 ayat dari beberapa sumber, di antaranya:

1. Al-Baqarah ayat 43

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرْكَعُوا۟ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ

Artinya: Dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.

2. Al-Baqarah ayat 45

وَٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلْخَٰشِعِينَ

Artinya: Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.

3. Al-Baqarah ayat 110

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا۟ لِأَنفُسِكُم مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِندَ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya: Dan dirikanlah salat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.

4. Al-Isra ayat 78

أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِدُلُوكِ ٱلشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ ٱلَّيْلِ وَقُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Artinya: Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan dirikanlah salat Subuh. Sesungguhnya salat Subuh itu disaksikan oleh malaikat.

5. Hud ayat 114

وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ طَرَفَىِ ٱلنَّهَارِ وَزُلَفًا مِّنَ ٱلَّيْلِ ۚ إِنَّ ٱلْحَسَنَٰتِ يُذْهِبْنَ ٱلسَّيِّـَٔاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّٰكِرِينَ

Artinya: Dan dirikanlah salat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan dosa perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.

Perintah salat memang tidak selalu disebutkan secara gamblang dalam Al-Quran. Namun, tidak diragukan lagi bahwa perintah salat lima waktu sehari semalam memang ada. Dan sebagai umat muslim hendaklah kita melaksanakannya tanpa ragu dan khusyuk.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus