Doa Ziarah Kubur dan Tata Caranya Menurut Syariat Islam

Octri Amelia Suryani - Ziarah Kubur Agama Hukum Islam 08/03/2022
Ilustrasi Ziarah Kubur (Foto: Media Indonesia/Andri Widianto)
Ilustrasi Ziarah Kubur (Foto: Media Indonesia/Andri Widianto)

Oase.id - Umat Islam hendaknya memperhatikan tata cara ziarah kubur agar sesuai dengan syariat. Dalam agama Islam, tata cara ini dimaksudkan juga guna terhindar dari kemusyrikan.

Banyak orang pemahamannya masih salah tentang ziarah kubur. Biasanya ziarah kubur disalahgunakan untuk meminta pertolongan kepada ahli kubur. Padahal semestinya untuk mendoakan orang yang sudah meninggal agar dijauhkan dari siksa kubur serta diberikan surga-Nya.

Tata cara ziarah kubur sesuai sunnah:

1. Berwudhu

Hendaknya berwudlu terlebih dahulu sebelum melakukan ziarah kubur. Sehingga kondisi kita dalam keadaan suci atau jauh dari hadas.

2. Mengucapkan salam

Salam yang dimaksud diucapkan kepada ahli kubur sebagaimana yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad ﷺ untuk mengucapkan salam saat memasuki lokasi pemakaman:

"Assalamu alaikum ahlad-diyaar minal mukminiina wal muslimiin. Yarhamulloohul mustaqdimiina minnaa wal musta’khiriin. Wa inna insyaa alloohu bikum la-laahiquun. Wa as-alullooha lanaa walakumul aafiyah."

3. Berdoa

Berdoa saat ziarah kubur sebaiknya membaca tasbih, takbir, dan tahmid. Saat berdoa hendaknya sambil menghadap ke arah kiblat.

4. Mengirimkan doa ziarah kubur untuk almarhum

5. Membaca surat-surat pendek

Setelah membaca doa ziarah kubur, selanjutnya adalah membaca surat pendek seperti Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas.

6. Membaca Surat Yasin

7. Tidak boleh duduk di atas kuburan dan menginjaknya

8. Tidak melakukan hal yang berlebihan

Artinya, tidak menjadikan makam seperti masjid, menciumi batu nisan dan menangis dengan penuh ratapan di makam.

9. Menghindari berkata tidak sopan

Bacaan Doa Ziarah Kubur

Bacaan doa ziarah kubur sesuai sunnah terbagi menjadi dua versi. Yaitu, versi pendek dan panjang.

Bacaan doa ziarah kubur yang pendek adalah:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Artinya: "Keselamatan semoga tetap tercurahkan kepada para penghuni kubur dari golongan orang-orang mukmin dan orang-orang muslim, dan sesungguhnya Insya Allah kami akan menyusul kalian. Kami memohon kepada Allah keselamatan untuk kami dan untuk kalian semua."

Sedangkan bacaan doa ziarah kubur yang panjang adalah:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ


الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

Artinya: "Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran."

"Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya."


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus