Ziarah Kubur Beserta Manfaatnya bagi Peziarah

Octri Amelia Suryani - Ziarah Kubur Agama Hukum Islam 08/05/2022
Ziarah Kubur (MI-Andri Widianto)
Ziarah Kubur (MI-Andri Widianto)

Oase.id - Ziarah kubur adalah salah satu tradisi yang kerap dilakukan oleh umat muslim. Terlebih lagi sekarang ini, momen Idufitri atau lebaran yang bukan hanya digunakan untuk bersilaturahmi dengan kerabat yang masih hidup, tetapi juga untuk mendoakan kerabat yang telah meninggal dunia.

Mulanya agama Islam melarang melakukan ziarah kubur sebagaimana yang diperintahkan oleh Rasulullah ﷺ. Namun, setelah itu Rasulullah memperbolehkan untuk ziarah kubur.

Hadis tentang Ziarah Kubur

Seperti yang dijelaskan dalam hadis riwayat Muslim:

قَالَ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ : نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ اْلقُبُوْرِ فَزُوْرُوْهَا

Artinya: Rasulullah ﷺ bersabda: Dahulu aku telah melarang kalian berziarah ke kubur. Namun sekarang, berziarahlah kalian ke sana.

Selain hadis di atas, ada hadis lain yang menjelaskan tentang dibolehkannya ziarah kubur. Dalam hadis tersebut juga memaparkan beberapa manfaat ziarah kubur bagi para peziarahnya.

Berikut sabda Rasulullah ﷺ:

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ أَلَا فَزُورُوهَا، فَإِنَّهُ يُرِقُّ الْقَلْبَ، وَتُدْمِعُ الْعَيْنَ، وَتُذَكِّرُ الْآخِرَةَ، وَلَا تَقُولُوا هُجْرً

Artinya: Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi sekarang berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah).

Berdasarkan hadis tersebut, manfaat dari ziarah kubur bagi para peziarah dapat disimpulkan menjadi 2 bagian, antara lain:

Manfaat Ziarah Kubur bagi Peziarah

1. Mengingatkan peziarah akan kematian

Salah satu alasan penting Allah dan Rasulnya-Nya mensyariatkan ziarah kubur adalah mengingatkan manusia pada kematian. Ini bertujuan agar umat muslim lebih giat dan rajin lagi untuk mengumpulkan bekal pahala sebelum kematian itu tiba. Kematian itu bisa datang kepada siapa saja dan kapan saja. 

"Tidaklah seseorang mengingat mati pada waktu lapang hidupnya, kecuali akan menjadikan dia merasa sempit (umurnya terasa pendek dan semakin dekat ajalnya). Dan tidaklah (dia mengingat mati) pada waktu sempit hidupnya (karena sakit, fakir, dll) kecuali akan menjadikan dia merasa lapang (karena mengharapkan balasan dari Allah dengan sebab keikhlasan dan kesabaran ketika menghadapinya).” (HR. Ibnu Hibban)

2. Mengingatkan peziarah tentang pembalasan di hari kiamat

Ziarah kubur juga dapat mengingatkan manusia tentang adanya balasan di akhirat atau hari kiamat. Bagi yang banyak beramal baik sewaktu hidup akan masuk surga, sementara yang banyak dosa akan dijebloskan ke neraka.

زوروا القبور ؛ فإنها تذكركم الآخرة

Artinya: Berziarah kuburlah, karena ia dapat mengingatkanmu akan akhirat. (HR. Ibnu Majah)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus