Walikota Dearborn Membuat Pekerja Tetap Diupah Meski Libur Lebaran

N Zaid - Generasi Islam 13/05/2023
Abdullah Hammoud adalah walikota Dearborn pertama yang berlatar belakang Muslim. Foto: Detroit Free Press
Abdullah Hammoud adalah walikota Dearborn pertama yang berlatar belakang Muslim. Foto: Detroit Free Press

Oase.id - Abdullah Hammoud adalah walikota Dearborn pertama yang berlatar belakang Muslim. Dari tampuk kepemimpinannya, ia mengungkapkan komitmennya terhadap keragaman.

Menurut Hammoud ia tidak akan membandingkan dirinya dengan Presiden AS John F. Kennedy yang berjuang melawan kefanatikan pada tahun 1960-an untuk mendapatkan penerimaan dari agama Katoliknya. Hammoud mengatakan bahwa kunci keberhasilan setiap pemimpin adalah memastikan bahwa pemerintah secara adil mencerminkan keragaman komunitasnya.

Sejak pemilihannya sebagai walikota Arab dan Muslim pertama di Dearborn, Hammoud telah mencapai penerimaan publik terhadap Muslim dengan memastikan bahwa setiap orang diperlakukan sama dan kebutuhan serta kepentingan mereka ditangani secara setara dan adil.

Hammoud meyakinkan serikat pekerja kota yang kuat melalui negosiasi untuk memberikan hari libur kepada semua pegawai kota yang dibayar untuk dua hari raya Ramadhan Muslim, Idul Fitri dan Idul Adha, serupa dengan hari raya keagamaan berbayar yang diberikan kepada orang Kristen dan Yahudi.

“Kami menemukan itu adalah yang pertama ketika kami melakukannya. Ketika kami sedang berunding dengan saudara dan saudari serikat kami dalam perjanjian kerja bersama, kami menawarkan Idul Fitri, setelah Ramadhan, serta Idul Adha sebagai hari raya yang tetap diperhitungkan dalam upah."
 
"Saya pikir ini penting karena ketika Anda memiliki tenaga kerja yang beragam, Anda ingin memastikan bahwa Anda memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang beragam ini,” kata Hammoud saat wawancara di The Ray Hanania Radio Show, yang disiarkan di Jaringan Radio Arab AS.

“Kota ini selalu memberikan Paskah, Malam Natal, Natal, hari libur lainnya yang mengakar dalam tradisi agama lain, setiap tahun. Sekarang Anda memiliki tenaga kerja Muslim yang terus bertambah, banyak dari mayoritas penduduk yang kebetulan datang ke Balaikota akan datang hari itu karena sibuk melakukan fungsi Idul Fitri. Kami pikir itu bijaksana untuk menawarkan dua hari itu, dan tersiar kabar bahwa kami yang pertama melakukannya, tetapi itu sebenarnya bukan niatnya."

"Saya ingat memasuki meja itu dengan serikat pekerja dan rasanya seperti, saya tidak datang pada Idul Fitri; mau masuk pas lebaran? Dan jawaban kolektifnya adalah banyak dari anggota serikat kami juga tidak datang karena ini adalah hari libur kerabat dan kepercayaan untuk sebagian besar kota kami."

Hammoud menambahkan, “Hanya itu yang diperlukan, hanya mengakui beragam tenaga kerja yang kami miliki dan meningkatnya konsentrasi Muslim Amerika di dalam administrasi kota tetapi juga di kota itu sendiri.”

Tidak hanya Hammoud sebagai walikota Arab dan Muslim pertama di kota itu, dia juga orang termuda yang menjabat sebagai walikota di Dearborn, kota ketujuh terbesar dan paling cepat berkembang di negara bagian Michigan. Dearborn, kata Hammoud, selalu memiliki populasi imigran yang terus tumbuh dan berkembang.

“Kami berkembang biak sebagai komunitas karena para pengungsi imigrasi yang telah menetap di sini atau bermukim kembali di sini di kota Dearborn. Jelas, dengan para pengungsi Afghanistan yang masuk, mereka telah ditempatkan di perbatasan antara Dearborn dan Detroit,” kata Hammoud.

“Tapi apa yang kami temukan adalah banyak pengungsi Afghanistan ingin dimukimkan kembali secara permanen di Kota Dearborn karena sifat ramah kami dan fakta bahwa kami pernah menjadi rumah bagi imigran Italia, imigran Polandia, Lebanon, Yaman, Irak, sekarang Afghan. Jadi kami benar-benar dikenal dalam hal itu. Jika Anda melihat bisnis kecil kami yang berkembang biak, sebagian besar bisnis milik imigranlah yang berkembang biak. Itu hanya menambah semangat kota Dearborn, jadi kami menyambutnya.”

Ditanya apakah dia melihat kesamaan dengan tantangan yang dihadapi John F. Kennedy ketika dia menjadi presiden Katolik pertama negara itu pada 1960-an, pada saat umat Katolik tunduk pada kefanatikan dan diskriminasi, Hammoud menyebutnya sebagai proses alami.

“Saya pikir begitu Anda mencapai tonggak sejarah itu, itu sangat bagus dan kami terus maju. Kami tidak pernah berlari untuk menjadi yang pertama, kami berlari untuk menjadi yang terbaik. Saya tidak akan membandingkan diri saya dengan JFK. Tapi apa yang akan saya katakan adalah saya pikir ada pemahaman, setidaknya di kota Dearborn dan di banyak kantong di seluruh negeri, bahwa yang penting bukanlah arah yang didoakan seseorang. Yang penting adalah arah yang dipimpin seseorang,” kata Hammoud.

“Dan mudah-mudahan itulah yang mengarah pada komunitas yang lebih kuat dan berkembang. Itu tidak menjadi masalah. Itu telah disambut dan dipeluk. Tapi kita harus selalu berusaha mendengar. Bagian penting dari pemerintah adalah memastikan bahwa Anda membangun jalur kepercayaan dengan penduduk Anda karena kepercayaan itulah yang memungkinkan Anda untuk bermanuver, maju, mengadvokasi. Jadi itulah yang kami coba lakukan.”

Hammoud mengatakan bahwa diskriminasi bukanlah masalah utama di Dearborn, meskipun memang ada di kantong-kantong di seluruh kota, negara bagian, dan negara, dan harus ditangani.

“Dearborn jelas merupakan komunitas multietnis. Saya tidak akan mengatakan menjadi Arab atau Muslim tidak mudah karena walikotanya (Arab dan Muslim), tetapi Dearborn selalu menjadi tempat yang ramah. Tentu saja ada tantangan yang muncul karena menjadi orang Arab atau Muslim. Itu selalu terjadi, ”kata Hammoud.

“Seringkali yang terjadi adalah orang mungkin berpikir Anda mendorong satu sub-sektor komunitas lebih dari yang lain tanpa validasi atau pembenaran, dan hanya karena persepsi. Apa yang saya coba lakukan adalah memastikan bahwa saya memiliki administrasi yang sangat beragam agar terlihat seperti komunitas yang kami layani. Dan agenda yang kami luncurkan berdampak pada semua warga di keempat penjuru kota kami. Itulah yang sebenarnya sedang kami coba lakukan.”

“Di era pasca-9/11 di mana saya dibesarkan, Anda jelas melihat kefanatikan itu pada titik tertinggi sepanjang masa. Saya akan memberi tahu Anda bahwa di kota Dearborn kami benar-benar tidak melihat banyak hal di dalam batas kami. Tentu saja, masih ada elemen di mana hal itu terjadi. Dan seringkali, mungkin tidak hanya terhadap komunitas Arab-Amerika dan Muslim, juga komunitas lain, yang kami coba tangani dan atasi secara kolektif.”

Hammoud mengatakan bahwa prioritasnya, dan prioritas nyata publik, adalah melihat layanan yang dibutuhkan publik, dan dia terus bekerja ke arah itu.

Prioritas tersebut selama 14 bulan pertamanya menjabat termasuk mengamankan US$30 juta dalam pendanaan federal untuk mengatasi dampak banjir dahsyat yang melanda Dearborn pada tahun 2021, mengatasi tekanan kenaikan pajak properti, menyediakan taman untuk keluarga dan anak-anak, memperluas layanan perawatan kesehatan mental, dan mengerjakan penilaian kebutuhan perawatan kesehatan untuk penduduk kota.

“Kami telah mampu mencapai semua yang ingin kami capai, tetapi ada banyak masalah yang membutuhkan waktu untuk diselesaikan,” katanya.

Bukan pemula dalam politik atau pelayanan publik, Hammoud sebelumnya menjabat tiga masa jabatan di Majelis Umum Negara Bagian Michigan dari Januari 2017 hingga pemilihan walikota. Dia baru berusia 26 tahun ketika dia mencalonkan diri untuk rumah negara.(arabnews)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus