Bolehkah Muslim Membaca Kitab Agama Lain?

N Zaid - Generasi Islam 17/04/2024
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Islam menghormati teks suci asli Alkitab. Teks-teks ini termasuk Taurat, Injil, dan Zabur. Kitab-kitab ini diyakini sebagai wahyu ilahi. Umat Islam menerimanya sebagai pesan dari Allah. Pesan-pesan ini berisi petunjuk. Mereka mencakup aturan-aturan kehidupan dan rahasia akhirat.

Apakah Membaca Alkitab Dibolehkan bagi Umat Islam?

Tidak, hal ini tidak diperbolehkan dan harus dihindari. Sebab, seiring waktu, teks-teks ini telah berubah. Mereka telah diubah dari bentuk aslinya. Hal ini menimbulkan permasalahan yang serius.

Perubahan dalam Kitab Suci Bisa Menyesatkan. Cendekiawan Islam, seperti Syekh Abd Al-Aziz ibn Baz, menyarankan agar berhati-hati. Mereka memperingatkan agar tidak membaca teks-teks yang dimodifikasi ini. Kekhawatirannya jelas. Tulisan suci yang diubah dapat menyesatkan.

Hal ini mungkin menyebabkan orang percaya meragukan kebenaran. Atau, hal-hal tersebut dapat mengarah pada keyakinan yang salah. Al-Quran tetap tidak berubah. Hal ini dipandang cukup untuk memenuhi kebutuhan spiritual umat Islam.

Intinya

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menunjukkan ketidaksetujuannya. Dia melakukan ini ketika dia melihat bagian dari Taurat yang diubah. 

Bagi sebagian besar umat Islam, membaca Alkitab tidak dianjurkan. Risiko salah arah terlalu tinggi.

Jika seseorang telah mengubah kitab suci, mereka harus diperlakukan dengan hormat. Mereka harus dikubur atau dibakar. Inilah cara membuangnya dengan benar. Pengecualiannya adalah para cendekiawan Islam. Mereka dapat membaca teks-teks ini. Namun hanya karena alasan tertentu. Mereka mungkin ingin mengoreksi gagasan yang salah. Atau mereka mungkin membandingkan teks-teks tersebut untuk menyoroti keutamaan Al-Quran.

Pada hakikatnya Islam menghormati wahyu yang asli. Namun karena adanya perubahan, umat Islam harus berhati-hati. Al-Qur'an adalah sumber petunjuk ilahi yang dapat diandalkan. Itu belum diubah. Untuk semua masalah iman dan amalan, umat Islam harus melihat ke dalam Al-Qur'an.(tii)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus