Roti Gandum Bagus untuk Diet, Ini 5 Alasannya

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 08/03/2021
Photo by Pixabay
Photo by Pixabay

Oase.id – Semua orang pasti menginginkan berat badan ideal. Bukan karena soal penampilan, memiliki berat badan ideal juga menandakan bahwa tubuh kamu sehat. Berbagai upaya pun dilakukan agar mendapatkan tubuh yang ideal, seperti mengatur pola makan menjadi lebih sehat dengan cara mengonsumsi karbohidrat yang tepat.

Roti gandum bisa jadi pilihan kamu untuk bisa membantu mendapatkan berat badan ideal. Lalu, mengapa roti gandum mampu membantu menurunkan berat badan? Nah berikut kami lansir dari Healthline.com, alasan mengapa roti gandum bagus untuk menu diet;

1. Terbuat dari biji-bijian utuh

Roti gandum diproses dengan menggunakan gandum utuh. Hal ini yang membuat roti gandum bernutrisi sama dengan tepung gandum dan lebih unggul dari roti yang terbuat dari tepung putih.

Secara alami roti gandum memiliki lebih tinggi serat dan nutrisi, jika mengonsumsi roti ini akan membuat kenyang lebih lama. Selain itu roti gandum juga memiliki protein lengkap yang artinya mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

2. Membantu Penurunan Berat Badan dan Kontrol Gula Darah

Roti gandum mengandung karbohidrat dan kalori lebih rendah sehingga bisa mengontrol gula darah. Dalam sebuah penelitian The acute impact of ingestion of sourdough and whole-grain breads on blood glucose, insulin, and incretins in overweight and obese men, diketahui bahwa roti gandum memiliki karbohidrat yang rendah dengan 34 gram dalam porsi 4 ons (110 gram).

Selain itu, roti gandum juga memiliki indeks glikemik rendah yang sangat baik untuk penderita diabetes atau gula darah tinggi.

3. Tinggi nutrisi penting

Dibandingkan dengan jenis roti lainnya, roti gandum lebih tinggi dalam nutrisi tertentu, termasuk protein, serat, vitamin B dan vitamin C. Mengandung banyak nutrisi penting menjadi keunggulan dan roti gandum juga menghilangkan anti nutrisi, yang merupakan zat yang menghambat penyerapan nutrisi.

4. Lebih Mudah Dicerna

Roti gandum lebih mudah dicerna, mengandung enzim lebih tinggi dan lebih rendah lektin dibandingkan jenis roti lainnya. Kandungan enzim dan lektin yang terkandung dalam roti gandum ini membantu tubuh lebih mudah mencerna makanan.

Perlu diingat, mengonsumsi biji-bijan yang mengandung lektin tinggi dapat membuat peradangan kronis pada pencernaan

5. Rendah Gluten

Roti gandum lebih sedikit gluten daripada roti lainnya. Gluten merupakan protein yang ditemukan pada roti yang bertanggung jawab atas tekstur roti. Ternyata, banyak penelitian baru-baru ini yang memperlihatkan efek negatif jika seseorang mengonsumsi gluten berlebihan seperti sindrom iritasi usus. Meskipun roti gandum mengandung lebih sedikit gluten, orang harus tetap memiliki takaran dalam mengonsumsi roti gandum.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus