Rekor turis 2,1 Juta Mendarat di Permata Pariwisata Türkiye, Antalya

N Zaid - Travel 25/05/2023
Ilustrasi. Foto Pixabay
Ilustrasi. Foto Pixabay

Oase.id -  Antalya sedang melalui apa yang dikatakan sebagai awal terbaiknya tahun ini, karena data menunjukkan kota resor selatan Türkiye menyambut rekor jumlah wisatawan asing yang datang melalui udara.

Lebih dari 2,1 juta turis mendarat di permata Mediterania antara hari pertama Januari dan 7 Mei, menurut data direktorat budaya dan pariwisata provinsi.

Angka tersebut meningkat 45% dari 1,65 juta wisatawan yang datang pada interval yang sama tahun lalu. Ini juga menandai lompatan 10% dari periode yang sama di tahun 2019, yang dijuluki sebagai salah satu tahun terbaik untuk industri pariwisata Turki.

Sekitar 1,91 juta turis tiba dari Januari hingga 7 Mei tahun itu.

Momentum tahun ini didorong oleh kawanan wisatawan dari Eropa, khususnya Jerman dan Inggris, selain kedatangan dari Rusia, sebagian karena pembatasan penerbangan yang diberlakukan oleh negara-negara Barat atas invasi Moskow ke Ukraina.

Secara keseluruhan, turis asing di Türkiye pada kuartal pertama naik lebih dari 26,7% dari tahun ke tahun menjadi 6,2 juta, menurut data Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Devisa menjadikan sektor pariwisata penting bagi ekonomi Türkiye dan fokus pemerintah untuk mengurangi defisit transaksi berjalan untuk mengatasi inflasi dan suku bunga yang tinggi. Program ekonomi barunya berfokus pada membalikkan defisit transaksi berjalan menjadi surplus, memprioritaskan ekspor, produksi, dan investasi sambil membatasi kenaikan harga inflasi.

Pendapatan pariwisata naik 32,3% dari tahun ke tahun menjadi $8,69 miliar pada Januari-Maret ini, menurut data Institut Statistik Turki (TurkStat).

Rebound total tahun lalu dari dampak pandemi melihat jumlah turis asing mendekati rekor, menghasilkan pendapatan tinggi sepanjang masa dan mendorong pemerintah untuk menaikkan perkiraan pariwisata tahunannya.

Pemerintah mengatakan kedatangan asing diperkirakan akan mencapai 60 juta pada tahun 2023 sebelum mencapai 90 juta pada tahun 2028. Untuk pendapatan, diperkirakan akan meningkat menjadi $56 miliar tahun ini dan $100 miliar lima tahun dari sekarang.

Pengunjung asing melonjak 80,33% tahun-ke-tahun menjadi 44,6 juta pada tahun 2022, sedikit di bawah puncak 45,1 juta pada tahun 2019. Angka tersebut dibandingkan dengan 24,71 juta kedatangan pada tahun 2021 dan 12,73 juta pada tahun 2020.

Pendapatan naik 53,4% dari tahun sebelumnya ke rekor tertinggi hampir $46,3 miliar, karena efek pandemi yang berkepanjangan menghilang dan dampak perang Ukraina mendorong lonjakan kedatangan orang Rusia.

Pendapatan tahun lalu melampaui rekor tertinggi sebelumnya sebesar $38,4 miliar pada 2019 sebelum pandemi melanda. Angka tersebut mencapai $30,2 miliar pada tahun 2021 setelah wabah lebih dari setengahnya menjadi hanya $14,8 miliar pada tahun 2020.

Pariwisata menyumbang sekitar 10% terhadap produk domestik bruto (PDB) Türkiye. Selain itu, sekitar 1,7 juta orang bekerja di bidang akomodasi dan layanan makanan pada tahun 2022 – sekitar 5% dari total pekerjaan.(dailysabah)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus