Dalil Sebaiknya Adzan Bila Melihat Hantu

N Zaid - Doa Mengusir Setan dan Jin 12/04/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Panggilan adzan sebagai bentuk panggilan orang untuk salat di masjid. Siapa pun yang mendengarnya, ini berlaku bagi pria, maka wajib untuk mendatangi masjid dan menunaikan shalat. Selain itu, jika merujuk dalil, adzan juga memiliki keutamaan lain. 

Dikutip dari Rumaysho, berikut dalil tentang wajibnya datang ke masjid untuk shalat bila mendengar adzan: 

"Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa mendengar azan, tetapi ia tidak datang, maka tidak ada shalat baginya kecuali bagi orang yang mempunyai uzur.” (HR. Ibnu Majah].

Hadits lain mengabarkan bahwa adzan juga dapat dilantunkan untuk mengusir setan. "Kalau kalian melihat hantu maka kumandangkanlah adzan. Itu juga ada perintahnya," kata Ustaz Mujiman, dalam sebuah majelis, seperti yang bisa dilihat di sebuah konten YouTube Jaga Tauhid.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memang mengabarkan ketidaksukaan setan dengan suara adzan. Sampai-sampai setan berusaha agar tidak mendengarnya dengan cara yang cukup hina menurut pandangan manusia yaitu dengan mengeluarkan kentut dan suaranya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila azan dikumandangkan, maka setan berpaling sambil kentut hingga dia tidak mendengar adzan tersebut. Apabila adzan selesai dikumandangkan, maka ia pun kembali. Apabila dikumandangkan iqamah, setan pun berpaling lagi. Apabila iqamah selesai dikumandangkan, setan pun kembali, ia akan melintas di antara seseorang dan nafsunya” (HR. Bukhari no. 608 dan Muslim no. 389).

Dengan dalil ini, maka jelaslah bila seseorang melihat hantu tidak perlu bingung lagi harus membaca surat Al-Quran yang mana. Sebaiknya mengumandangkan adzan, agar ia pergi dan menjauhi kita, karena itu jelas ada tuntunannya dari Baginda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. 
 


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus