Dalam 5 Tahun, Rute Makkah Melayani 618.000 Jamaah

N Zaid - Haji 09/12/2023
foto: Arabnews
foto: Arabnews

Oase.id - Pemerintah Arab Saudi mengatakan semakin banyak jamaah haji yang mendapatkan manfaat dari inisiatif Rute Makkah Arab Saudi. Inisiatif ini dilakukan untuk menyederhanakan proses perjalanan dan masuk bagi pengunjung dari negara-negara mitra.

Sebanyak 617.756 jamaah haji dari Maroko, Indonesia, Malaysia, Pakistan, Bangladesh, Turki, dan Pantai Gading sejauh ini telah merasakan manfaat dari inisiatif ini, menurut laporan Saudi Press Agency.

Diluncurkan pada tahun 2019 di negara-negara mayoritas Muslim, skema ini memungkinkan jamaah memenuhi semua persyaratan visa, bea cukai, dan kesehatan di bandara asal mereka, sehingga menghemat waktu menunggu sebelum dan pada saat kedatangan di Kerajaan.

Prosesnya dimulai dengan penerbitan visa elektronik dan pengumpulan informasi individu, diikuti dengan prosedur paspor yang disederhanakan sebelum keberangkatan.

Stiker ditempel pada bagasi dan paspor yang berisi informasi data penerbangan dan tempat tinggal masing-masing jamaah. Pelayanan penandaan dilakukan oleh tim khusus yang bekerja di bawah pengawasan Kementerian Haji dan Umrah.

Tim di Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah dan Bandara Internasional Pangeran Mohammed bin Abdulaziz di Madinah menerima bagasi, yang kemudian diantar ke akomodasi peziarah.

Kementerian Dalam Negeri melaksanakan inisiatif Rute Makkah bekerja sama dengan beberapa lembaga, termasuk Kementerian Luar Negeri, Kementerian Haji dan Umrah, Otoritas Umum Penerbangan Sipil, Otoritas Zakat, Pajak dan Bea Cukai, Otoritas Data dan AI Saudi. , Program Pengalaman Haji dan Direktorat Jenderal Paspor.(Arabnews)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus