UEA Meluncurkan Program Arsip Sejarah Arab yang Baru

N Zaid - Tradisi dan Budaya 12/09/2023
Lingkaran Pengetahuan adalah bagian dari musim budaya kedua NLA, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya informasi dan perannya dalam membangun masa depan yang lebih baik. (NLA/Berkas)
Lingkaran Pengetahuan adalah bagian dari musim budaya kedua NLA, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya informasi dan perannya dalam membangun masa depan yang lebih baik. (NLA/Berkas)

Oase.id - Perpustakaan dan Arsip Nasional UEA, bekerja sama dengan Yayasan Sastra Emirates, telah meluncurkan program baru yang disebut Lingkaran Pengetahuan, yang akan berfokus pada pentingnya mendokumentasikan sejarah dan budaya Arab.

Serial ini akan diadakan setiap bulan mulai 20 September hingga Maret 2024, dan akan menampilkan pembicara dari UEA dan seluruh dunia.

“Perpustakaan dan Arsip Nasional berkomitmen terhadap pelestarian isi kearsipan dan memastikan tersedia dan dapat diakses oleh masyarakat, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kearsipan dokumen untuk perannya dalam menjaga memori bangsa,” kata Abdullah. Majid Al-Ali, direktur jenderal NLA, dalam pernyataannya baru-baru ini.

Seri ini akan berfokus pada bagaimana arsip digunakan untuk melestarikan sejarah, mendokumentasikan budaya, dan meningkatkan pemahaman di dunia Arab.

Para pembicara akan mengeksplorasi cara-cara pemanfaatan arsip untuk membentuk wilayah ini, mulai dari periode awal Islam hingga saat ini.

Lingkaran Pengetahuan adalah bagian dari musim budaya kedua NLA, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya informasi dan perannya dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Isobel Abulhoul, pendiri, penasihat dan wali dari Emirates Literature Foundation, mengatakan bahwa Lingkaran Pengetahuan adalah “sebuah inisiatif penting yang mencerminkan komitmen  untuk memberikan kesempatan bagi individu untuk memperdalam pemahaman mereka tentang perkembangan budaya.”

Dia menambahkan bahwa sesi pertama diharapkan menjadi “pengalaman yang menggugah pikiran yang akan menjelaskan dampak besar sistem kearsipan terhadap masyarakat kita.”(an)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus