Pameran Museum Seni Islam Akan Memamerkan Karya-karya Baru Seniman dari Qatar dan Maroko

N Zaid - Tradisi dan Budaya 25/08/2024
foto: Arabnews
foto: Arabnews

Oase.id - Sebuah pameran yang menampilkan visi artistik para desainer dari Qatar dan Maroko akan dibuka di Museum Seni Islam di Doha, Qatar.

Yang dipamerkan adalah karya-karya yang dibuat khusus oleh sembilan desainer dari Qatar dan Maroko, dengan karakteristik yang melekat pada tanah air dan budaya masing-masing desainer.

Dikuratori oleh Gwen Farrelly, pameran yang berlangsung hingga 7 Januari 2025 ini akan menampilkan karya-karya baru dari para desainer dari Qatar dan Maroko yang dibuat selama Program Residensi Design Doha 2024 Qatar | Maroko: Merancang Masa Depan Desain.

Program residensi ini, yang diselenggarakan di bawah naungan Design Doha, acara dua tahunan yang diluncurkan pada tahun 2024 untuk inovasi kreatif dari kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, bertujuan untuk mendorong pertukaran pengetahuan, kerajinan, dan praktik desain jangka panjang.

“Salah satu tujuan utama dari acara dua tahunan ini adalah untuk membangun jaringan pertukaran dan kolaborasi di antara para desainer regional, di mana Residensi Design Doha Qatar | Maroko: Merancang Masa Depan Desain memainkan peran penting,” kata Farrelly.

“Program ini mengeksplorasi hubungan antara praktik kerajinan kontemporer dan desain inovatif melalui pertukaran antara para kreator Maroko dan Qatar,” imbuh dia.

Desainer yang bermarkas di Qatar termasuk Nada Elkharashi, Reema Abu Hassan, Majdulin Nassrallah, dan Abdulrahman Al-Muftah, yang semuanya menginterpretasikan keterampilan membuat kerajinan tradisional Maroko yang diperoleh selama program pertukaran untuk merancang instalasi multifungsi, produk, dan pajangan artistik, sekaligus menyoroti narasi budaya yang penting.

Pada saat yang sama, di Maroko, Amine Asselman, Bouchra Boudoua, Amine El-Gotaibi, Hamza Kadiri, dan Sara Ouhaddou berfokus pada pekerjaan tanah, tekstil, kerajinan kayu, instalasi keramik dan kaca, serta tembikar.

Melalui residensi tersebut, para seniman menawarkan pengalaman langsung bagi para peserta untuk belajar dari para seniman dan perajin ahli di setiap negara.

Para seniman Maroko berpartisipasi dalam residensi penelitian selama dua minggu di Qatar di Liwan Design Studios & Labs dan Torba Farm, membenamkan diri dalam budaya dan tradisi lokal.

Peserta dari Qatar, pada gilirannya, melakukan perjalanan ke Maroko, mengunjungi studio dan sekolah kerajinan di Rabat, Casablanca, Marrakech, dan Fes untuk mendapatkan wawasan dan inspirasi dari tradisi kerajinan Maroko yang kaya.

Para desainer dari kedua negara, kata Al-Obaidly, "membenamkan diri dalam tradisi kerajinan masing-masing — mulai dari keramik hingga tekstil — dan mengembangkan karya-karya baru yang mencerminkan dan mendukung warisan dan praktik kontemporer budaya mereka."

Karya Abdulrahman Al-Muftah, misalnya, menggunakan kayu — material yang biasanya tidak dikaitkan dengan Qatar.

"Itu sangat berharga bagi para leluhur kami dan itulah mengapa saya memilih untuk bekerja dengan material ini untuk pameran Crafting Design Futures," katanya kepada Arab News. "Balok kayu secara tradisional digunakan untuk membangun atap, yang sering kali menentukan dimensi ruangan. Balok-balok ini tidak pernah dipotong sesuai ukuran, menjadi elemen desain yang berbeda dalam bangunan warisan, terlihat pada ujung-ujung yang menonjol yang melambangkan praktik konstruksi tradisional."

Karya yang diciptakan Al-Muftah untuk pameran tersebut merupakan interpretasinya sendiri tentang pengerjaan kayu. Ia khususnya terinspirasi oleh hasil karya seniman Maroko Hamza Kadiri, yang menonjolkan karya seninya yang berasal dari tanah kelahirannya di Afrika Utara, yang juga mencerminkan elemen penting pertukaran budaya melalui residensi dan pameran.

“Di tangan Kadiri, kayu keras menjadi lentur seperti tanah liat, dengan perabot rumah tangga muncul seolah-olah dibentuk,” katanya. “Karya saya untuk pameran Crafting Design Futures merupakan interpretasi saya tentang pengerjaan kayu, yang memanfaatkan teknik inovatif Kadiri untuk menciptakan sesuatu yang unik milik saya sendiri.”

Tujuannya adalah agar pameran ini melampaui keindahan dan inovasi karya-karya yang dipamerkan untuk mencerminkan misi Tahun Kebudayaan Qatar untuk melampaui batas dan budaya melalui kreativitas. 

“Crafting Design Futures menunjukkan dampak transformatif dari menemukan inspirasi melalui pengalaman bersama yang memanfaatkan kearifan leluhur kita, gaya hidup kita, dan hubungan kita yang mengakar dengan masyarakat, lanskap, dan lingkungan kita — yang semuanya secara kolektif membentuk perspektif unik, upaya kreatif, dan narasi bersama kita,” kata Al-Obaidly. “Merancang peluang bagi para kreator untuk terlibat dalam program yang memiliki kapasitas untuk pengalaman mendalam tersebut sangat penting untuk mengembangkan bakat di kawasan MENA.”(arabnews)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus