Diskriminasi, Muslim Belanda Ajukan Keluhan ke PBB Terhadap Parlemen

N Zaid - Masjid 26/04/2023
Ilustrasi. Foto Pixabay
Ilustrasi. Foto Pixabay

Oase.id - Koalisi kelompok Muslim di Belanda telah mengajukan keluhan kepada PBB terhadap komite parlemen Belanda yang bertugas menyelidiki pengaruh pendanaan asing terhadap masjid dan asosiasi Islam.

Proyek Ummah, sebuah kelompok yang berbasis di Belanda yang memelopori upaya tersebut, mengajukan pengaduan setebal 82 halaman kepada Komite Hak Asasi Manusia PBB pada hari Senin, menuduh komite parlemen Belanda tentang pengaruh asing yang tidak diinginkan (Pocob) melakukan "perburuan penyihir". "terhadap ummat Islam.

Para pemimpin Muslim yang menjadi bagian dari pengaduan termasuk Hamid Tahiri, Jacob Van Der Blom, dan Nasr El Dalmanhoury, yang memegang posisi kepemimpinan di berbagai masjid dan asosiasi Muslim di seluruh negeri.

Orang-orang itu dipanggil sebelum Pocob pada tahun 2020 setelah parlemen Belanda mulai menyelidiki pengaruh uang dari daftar "negara tidak bebas" - termasuk Kuwait; Maroko; Qatar; Arab Saudi; Turki; dan Uni Emirat Arab.

Pocob hanya berfokus pada organisasi Muslim di Belanda dan menolak memperluas cakupannya untuk memasukkan kemungkinan pengaruh dari negara asing lainnya.

Ketiga orang itu, yang dipanggil oleh panitia sebagai saksi, terancam dipenjara jika tidak memberikan kesaksian.

Cuplikan dari sidang komite menunjukkan saksi-saksi Muslim bertahan dari pertanyaan yang intens dari anggota parlemen.

Pada satu titik, seorang saksi yang menantang jalur interogasi telah mematikan mikrofonnya.

Samira Sabir, seorang pengacara Belanda yang mengajukan kasus atas nama Proyek Ummah, mengatakan ketiga pria itu dipaksa untuk membela diri sebagai tersangka terhadap tuduhan yang sangat memberatkan meskipun tidak melakukan kejahatan.

Sabir menambahkan, keterangan saksi tersebut disiarkan secara live streaming yang diliput oleh beberapa saluran TV. Sejak itu, para pria dan tempat ibadah mereka menghadapi reaksi negatif, kata Ummah Project.

"Tidak hanya timbul pertanyaan mengapa alat berat seperti itu digunakan untuk menyelidiki pengaruh asing, tetapi alat yang tidak proporsional digunakan, di mana para saksi diinterogasi secara terbuka sebagai tersangka dan di bawah sumpah, sama sekali tidak perlu," kata Sabir kepada MEE.

"Mereka tidak didengar sebagai saksi tetapi sebagai tersangka dan harus membela diri tanpa persiapan tanpa diberi kesempatan untuk benar-benar didengar.

"Pemanggilan ini bersifat investigasi kriminal daripada penyelidikan parlementer yang demokratis."

Jacob Van De Bloom, ketua Masjid Blauwe di Amsterdam, mengatakan pemeriksaan terhadap dia dan saksi lainnya adalah ilegal dan bertentangan dengan konstitusi Belanda.

"Dalam konstitusi di Belanda, kami sepakat untuk tidak memperlakukan satu sama lain secara berbeda berdasarkan agama atau warna [tetapi] ini jelas terjadi di sini," kata Van De Bloom dalam sebuah pernyataan.

“[Bahkan sebelum kami muncul di panitia] mereka telah memutuskan hasil dan semua pertanyaan, pembicara dan urutan pertemuan. Yang harus mereka lakukan adalah bagian mereka untuk mencapai hasil ini. Sekarang mereka memiliki laporan di mana mereka dapat mengklaim bahwa ada 'pengaruh yang tidak diinginkan' oleh pendanaan asing."

Islamofobia yang meluas
Pada tahun 2021, media lokal mengungkapkan bahwa setidaknya sepuluh kota besar dan kecil di Belanda menggunakan perusahaan swasta untuk menyelidiki masjid dan institusi Islam secara diam-diam.

Petugas masjid, anggota komunitas Muslim yang aktif dan harian lokal, NRC Handelsblad, diselidiki oleh Nuance Door Training and Advice (NTA) atas nama pemerintah kota, dengan menggunakan metode penyamaran yang melanggar hukum.

Staf NTA dilaporkan memasuki masjid dan mengunjungi tokoh masyarakat tanpa mengungkapkan identitas asli mereka di kota termasuk Rotterdam; Delft; Almere; Huizen; Leidschendam-Voorburg; Zoetermeer; Veenendaal; dan Ede.

Pelapor khusus PBB untuk kebebasan beragama, Ahmed Shaheed, juga mencatat pada 2019 bahwa Islamofobia "tersebar luas" di seluruh Belanda setelah kunjungan ke negara itu.

"Anggota komunitas Muslim melaporkan bahwa mereka dianggap atau distigmatisasi sebagai teroris dan menjadi sasaran," kata Shaheed dalam penilaiannya.

"Iklim seperti itu menyoroti kebutuhan Pemerintah untuk memastikan bahwa sikap negatif terhadap Muslim di masyarakat, terkadang didorong oleh partai politik, tidak memelihara insiden Islamofobia dan rasa keterasingan dalam komunitas Muslim."


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus