Gadis Muslim Dikeluarkan dari Kelas Karate Karena Berhijab

N Zaid - Diskriminasi Islam 13/07/2024
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Komisi Hak Asasi Manusia Quebec sedang mencari penyelesaian sebesar US$13.000 atas nama seorang gadis Muslim berusia 12 tahun yang dikeluarkan dari kelas karate karena mengenakan jilbab.

“Pada bagian mereka, para penggugat merasakan ketidakadilan dan pengucilan,” menurut Komisi, CTV News melaporkan. “(T)mereka tetap khawatir tentang dampak situasi perselisihan terhadap putri mereka.”​

Kontroversi ini terungkap ketika seorang instruktur di Karate Auto Defense Lamarre di Montreal mengatakan kepada gadis tersebut bahwa kecuali dia melepas jilbabnya, dia tidak akan diizinkan untuk berpartisipasi di kelas.

Instruktur membenarkan keputusannya dengan menjelaskan bahwa karena filosofi seni bela diri karate, semua siswa harus mengenakan seragam yang sama. Gadis itu menangis.

Namun Karate Canada, asosiasi nasionalnya, mengatakan penutup kepala diperbolehkan.

“Karate Kanada telah mengambil peran kepemimpinan… dalam mengajukan petisi kepada federasi karate dunia untuk mengizinkan para atlet mengenakan penutup kepala,” katanya dalam sebuah pernyataan kepada CTV News. “Federasi karate dunia telah menyetujui bahwa hijab diperbolehkan untuk digunakan dalam kompetisi.”

Karate Auto Defense Lamarre, bagaimanapun, bukan bagian dari Karate Kanada.

Dewan Wanita Muslim Kanada (CCMW) mengatakan situasi seperti ini bisa “sangat menyusahkan” dan melukai generasi muda.

“Saya bisa membayangkan seorang anak berusia 12 tahun dimarahi seperti itu karena dia mengikuti olahraga ini karena dia menyukainya,” kata anggota dewan CCMW Shaheen Ashraf kepada CTV News. “Sudah saatnya masyarakat membela hak-hak mereka, dan itu adalah hak asasi manusia.”


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus