Bosan Stereotip Wilayah Konflik, Duo Perempuan Palestina Mendirikan AhlanPalestine

N Zaid - Palestina 29/01/2023
Bisan Alhajhasan, 33, dan Malak Hasan, 32. Foto AhlanPalestine
Bisan Alhajhasan, 33, dan Malak Hasan, 32. Foto AhlanPalestine

Oase.id - Karena keadaan, Palestina selalu digambarkan sebagai tempat penuh konflik. Dua perempuan energik Palestina pun tergugah. Mereka ingin memperlihatkan sisi lain Palestina. Keindahan dan eksotisme yang selama ini tertutup api konflik.

Bosan dengan stereotip seputar Palestina, dan kurangnya liputan tentang keindahan alam, keragaman, dan kekayaan budaya Palestina, penggemar perjalanan Bisan Alhajhasan, 33, dan Malak Hasan, 32 pun memutuskan untuk mengambil tindakan sendiri.

Keduanya warga Palestina, telah bersepeda, berjalan kaki, dan berkendara di sekitar sudut tersembunyi Tepi Barat sejak 2019, ingin menemukan tempat baru dan menikmati pemandangan alam yang rimbun.

Setelah terjebak di Ramallah selama pandemi Covid-19, pasangan ini tidak bisa diam di rumah. Mereka secara teratur bertemu untuk berjalan dan bersepeda, di mana mereka menemukan beberapa tujuan unik yang bahkan tidak diketahui oleh penduduk setempat.

Dan begitulah AhlanPalestine lahir.

Menyadari adanya celah di pasar, dan menyatukan pengalaman blog perjalanan dan jurnalisme mereka, pasangan ini membuat halaman Instagram yang membuat tur khusus untuk orang-orang di sekitar Palestina.

Pencari petualangan
Para pencari petualangan pertama kali bertemu dalam perjalanan bersepeda dari Ramallah ke Aqaba, sebuah kota yang terletak di Laut Merah di Yordania.

Sejak saat itu, mereka sering melakukan perjalanan bersama.

“Kami menyadari bahwa penduduk setempat pun tidak tahu tentang tempat-tempat ini. Beberapa tinggal di Ramallah tapi tidak tahu desa sekitarnya, jalur pendakian, atau produk lokal. Dan orang asing hanya tahu 10 tempat teratas, sementara masih banyak lagi. Seseorang perlu menunjukkan itu,” kata Alhajhasan kepada Middle East Eye.

Dengan perjalanan beberapa tahun keliling Palestina, keduanya memiliki banyak informasi tentang jalan, tempat tidur, tempat makan, dan kegiatan apa yang harus dilakukan.

Ini sangat penting di Tepi Barat, di mana kebebasan bergerak sangat dibatasi oleh pendudukan Israel melalui sistem jalan dan pos pemeriksaan yang rumit.

Pembatasan mencegah orang Palestina mencapai daerah tertentu, jadi mengetahui cara berkeliling dan mencapai lokasi tertentu adalah informasi yang berharga.

Tur yang dipersonalisasi
Alhajhasan dan Hasan secara resmi mendirikan halaman tur Instagram mereka pada Mei 2020, setelah bertahun-tahun beroperasi secara informal. Hari ini, halaman tersebut memiliki sekitar 26.000 pengikut.

Segera, halaman mereka mulai dipenuhi dengan foto dan video perjalanan mereka ke perkebunan zaitun dan kurma serta perjalanan hiking.

Bagi mereka, halaman itu lebih dari sekadar memungkinkan orang menjelajahi lebih banyak lanskap Palestina yang kaya. Itu adalah cara mendokumentasikan perubahan musim, sejarah, musik, cerita rakyat, tarian, dan makanan Palestina. Halaman itu secara bertahap berubah menjadi cara pengarsipan warisan Palestina.

Alhajhasan mengatakan bahwa aspek pekerjaan mereka ini penting mengingat upaya terus-menerus untuk menghapus keberadaan Palestina oleh pendudukan Israel.

Saat ini, pasangan tersebut menawarkan tur yang dipersonalisasi, dengan harga tergantung pada pengalaman yang disesuaikan dan jika itu termasuk menginap semalam. Harga rata-rata untuk tur berkisar dari US$100 hingga US$250.

Untuk memesan tur, orang akan mengirimkan permintaan melalui halaman Instagram mereka, dan pasangan tersebut merespons dengan mengukur jenis pengalaman yang akan mereka nikmati, melalui pembelajaran tentang usia dan minat mereka.

“Beberapa orang sangat berpikiran terbuka dan berkata: kami hanya ingin melihat Palestina. Itu bagian favoritku!”

Berdasarkan informasi yang diberikan, Malak dan Bisan kemudian merancang tur.

Salah satu tur yang paling umum adalah berkeliling Bethlehem yang dimulai dengan sarapan tradisional Palestina di pusat kota diikuti dengan kunjungan ke tempat kelahiran Nabi Isa.

"Perjalanan alam" mencakup pendakian di sekitar Ramallah atau Bethlehem, makan siang di alam, dan berenang menyegarkan di mata air tawar.

Beberapa tur yang lebih menantang termasuk menginap di padang pasir dekat Bethlehem dan perjalanan 4x4 pagi di sepanjang laut mati.

“Ada begitu banyak petualangan di sekitar Palestina, Anda tidak akan menduganya,” kata Alhajhasan.

Selama musim khusus, musim panen zaitun yang terkenal di Palestina, misalnya, perjalanan akan mencakup kunjungan ke ladang zaitun atau pemerasan minyak zaitun.

Pembatasan perjalanan
Meski bisa menjelajahi banyak bagian Palestina melalui rombongan tur, satu tantangan tetap tidak bisa bergerak bebas.

Dari jalan yang diblokir hingga pos pemeriksaan dan serangan dari pemukim, dampak pendudukan Israel terasa di mana-mana dan terkadang tidak mungkin diatasi.

Alhajhasan berpendapat bahwa liputan penganiayaan Israel terhadap warga Palestina sangat penting, terutama dalam menunjukkan tindakan keras terhadap warga biasa. Namun, dia percaya bahwa menunjukkan sifat dan budaya Palestina juga merupakan kunci untuk membongkar prasangka tentang negara tersebut.

“Sudah ada platform hebat yang menulis tentang pendudukan, kami ingin menunjukkan sesuatu yang lain,” katanya.

“Ketika kami pergi ke suatu tempat dan bertemu penduduk setempat, semua orang pada umumnya sangat murah hati dan sangat baik hati, ramah,” tambahnya.

Sejauh ini, proyek tersebut sebagian besar berhasil, dengan minat dari penduduk lokal dan internasional.

“Bagi diaspora yang menunggu untuk melihat tanah air mereka, dari Amerika Latin, AS, Teluk, semua yang belum pernah ke sini, ini bukan hanya informasi, ini sebenarnya sangat emosional,” Alhajhasan menjelaskan, menggambarkan arti sebuah tur. 

Mimpi meluas
Pendudukan Israel ditambah dengan kejadian mendadak yang dapat segera menghentikan tur telah membatasi perluasan grup wisata sejauh ini.

Bagi keduanya, mengatur tur kadang-kadang bisa menjadi pengalaman yang membuat frustrasi.

“Kami adalah orang Palestina dan tidak dapat menjangkau setengah dari Palestina,” kata Alhajhasan. "Kami ingin mengunjungi Gaza dan Haifa, misalnya, tapi tidak bisa melakukannya, hanya karena kami adalah pemegang KTP Palestina."

Perjalanan impiannya adalah pendakian selama 30 hari, yang membentang dari atas ke bawah Palestina yang bersejarah. Namun, saat ini, baik Alhajhasan maupun Hasan memiliki pekerjaan lain, sambil menyeimbangkan tur untuk AhlanPalestina.

Berita buruk, kejadian mendadak, serangan, atau politik juga dapat menghentikan tur dan menyebabkan pembatalan di menit-menit terakhir.

Untuk saat ini, Alhajhasan dan Hasan sedang menikmati keseimbangan mengerjakan tur serta proyek lainnya. Tetapi bagi duo tersebut, yang keduanya berharap untuk suatu hari memperluas grup tur dan menjadikannya sebagai pekerjaan penuh waktu mereka, reaksi orang-oranglah yang membuat semuanya sepadan.

“Banyak turis di seluruh dunia ragu mengunjungi Palestina karena apa yang mereka lihat di media, tapi kami akan mengubahnya,” kata Alhajhasan.


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus