Top 5 Masjid yang Megah dan Unik di China

N Zaid - Masjid 23/10/2022
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id -  Masjid pertama kali muncul di Tiongkok selama Dinasti Tang (618–907) ketika Islam diperkenalkan ke Tiongkok oleh para pedagang Arab. Masjid pertama dibangun di pemukiman Arab, termasuk Beijing, Shanghai, Guangzhou, Hangzhou dan Quanzhou.

Masjid Huaisheng di Guangzhou, Masjid Qingjing di Quanzhou, Masjid Zhenjiao di Hangzhou, dan Masjid Libai di Yangzhou adalah empat masjid tertua di Tiongkok.

Masjid didirikan sebelum Dinasti Ming (1368-1644) mengikuti gaya arsitektur Arab. Namun, selama Dinasti Ming dan Qing (1644-1911) elemen arsitektur tradisional Tiongkok mulai muncul di masjid. Masjid-masjid yang dibangun selama periode ini, seperti Masjid Niujie di Beijing, Masjid Agung di Xi'an, dan Masjid Songjiang di Shanghai, adalah campuran dari taman China dan gaya Arab.

Islam berkembang pesat selama Dinasti Qing dan banyak masjid didirikan di seluruh negeri. Saat ini ada sekitar 20.000 masjid di China. Di bawah ini adalah lima masjid di China yang memiliki arsitektur yang paling menakjubkan.

1. Masjid Niujie
Masjid Niujie BeijingMasjid Beijing Niujie
Lokasi: Beijing China

embed

Masjid Niujie adalah salah satu masjid tertua di Beijing. Ini pertama kali dibangun selama Dinasti Liao (907-1125) dan kemudian dibangun kembali dan diperbesar tiga kali.

Masjid Niujie mencerminkan campuran desain arsitektur Cina dan Islam: arsitektur luar menunjukkan pengaruh Cina sementara bagian dalam menyajikan perpaduan dua budaya. Saat ini banyak orang dari negara-negara Islam mengunjunginya untuk alasan pariwisata.

2. Pusat Islam Kowloon di Hong Kong
Lokasi: Hong Kong, Cina Selatan

embed

Masjid dan Pusat Islam Kowloon adalah bangunan persegi besar yang indah dengan atap merah muda dan kubah di atasnya.

Ini adalah bangunan masjid Islam terbesar di Hong Kong dan terletak di Tsim Sha Tsui di mana ada banyak orang dari negara-negara Muslim. Bangunan ini dirancang oleh seorang arsitek I.M. Kadri. Ini dapat menampung sekitar 3.000 orang.

3. Masjid Idgar di Kashgar, Provinsi Xinjiang
Lokasi: Kashgar, Daerah Otonomi Uygur Xinjiang, Cina Barat Laut

embed

Kompleks bangunan dalam gaya Islam yang megah dengan fitur religi yang kuat. Masjid ini terdiri dari menara gerbang, halaman, ruang pengajaran dan ruang salat yang besar.

Dalam dialek lokal "Idgar" berarti kuil selama festival. Selama bertahun-tahun Masjid Idgar telah menjadi tempat keagamaan yang suci serta tempat untuk merayakan festival-festival penting.

4. Masjid Agung di Xi'an
Lokasi: Kota Xi'an, Provinsi Shaanxi, China Barat Laut

embed

Ini adalah yang terbesar dan salah satu tempat suci Islam yang paling penting di China.

Konstruksi dimulai pada 742 M dan mewakili kombinasi arsitektur tradisional Tiongkok dan seni Islam. Masjid Agung dibangun pada waktu itu untuk menghormati para pendiri Islam di China. Sejak itu banyak masjid lain telah didirikan di seluruh negeri.

5. Masjid Raksasa Dongguan
Masjid Raksasa Dongguan
Lokasi: Xining, Provinsi Qinghai, China Barat

embed

Arsitektur masjid menggabungkan gaya tradisional China dan beberapa fitur lokal dengan tampilan megah dan ornamen bagian dalam yang mempesona.

Masjid ini memiliki ruang salat yang dapat menampung hingga 3.000 orang. Sekarang masjid ini berfungsi sebagai pusat pendidikan dan lembaga pendidikan tinggi Islam dan juga merupakan masjid terkemuka di Qinghai. (chinahighlights)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus