3 Fakta Menarik Saat Rasulullah Bersembunyi di Gua Thawr

N Zaid - Sirah Nabawiyah 15/03/2023
Gua Thawr. Foto: Umrah and Hajj Planner
Gua Thawr. Foto: Umrah and Hajj Planner

Oase.id - Gua Thawr terletak di bagian ujung Makkah. Jabal Thawr dikenal dengan keajaiban-keajaiban yang terjadi selama Hijrah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Gunung ini terkenal dengan gua yang dikenal sebagai Ghār Thawr  di mana Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam berlindung dari suku Quraisy, selama hijrah ke Madinah. 

Bagi sebagian besar umat Islam, gua tersebut memiliki makna religius, dan karenanya dikunjungi oleh banyak peziarah dan turis. Gunung Thawr terletak 5 mil (8,0 kilometer) dari Mekah. Dalam Islam Sunni, diyakini bahwa Muhammad shallallahu alaihi wasallam tinggal di sini sebagai pengungsi bersama rekannya Abu Bakar.

Ada tiga keajaiban yang terjadi selama Rasulullah berada di Gua Thawr.

1. Tokoh Quraish Menyusun Rencana Pembunuhan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam

Saat migrasi ke Mekkah dimulai, suku Quraisy merencanakan jebakan pembunuhan untuk Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Ketika Muhammad shallallahu alaihi wasallam tertidur di tempat tidurnya, atas petunjuk Allah dia berhasil melarikan diri dan meninggalkan Ali bin Abi Thalib (RA) kecil di belakang. Kemudian dia pergi ke Gua Thawr.

Sahabat Muhammad shallallahu alaihi wasallam yang paling setia adalah Abu Bakar (RA), dia meninggalkannya di Makkah. Quraish mengirim pembunuh bayaran untuk membunuh Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan Abu Bakar (RA). Entah bagaimana, Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan Abu Bakar (RA) mengetahui hal ini dan memutuskan untuk tinggal di gua.

2. Muhammad shallallahu alaihi wasallam Bertemu Ular di Gua Thawr!

Sebelum masuk ke dalam gua, Abu Bakar (RA) membersihkan gua sebelum Muhammad shallallahu alaihi wasallam masuk ke dalamnya. Ada banyak lubang ular yang coba ditutupi oleh sepotong pakaian oleh Abu Bakar (RA). Hanya ada satu lubang ular yang dibiarkan terbuka secara tidak sengaja. Muhammad shallallahu alaihi wasallam sangat lelah sehingga dia memutuskan untuk beristirahat di pangkuan Abu Bakar (RA). Put Ular yang dibiarkan terbuka itu kemudian ditutupi oleh Abu Bakar (RA) dengan kakinya.

Lubang ular yang ditutupi oleh Abu Bakar (RA) dengan kakinya digigit Ular. Dia tidak mengeluarkan kakinya dari lubang ular itu karena dia tahu Muhammad shallallahu alaihi wasallam sedang tidur, rasa sakit yang disebabkan oleh gigitan ular itu sangat kuat sehingga air mata mulai keluar dari matanya dan ketika air mata jatuh di pipi Muhammad. shallallahu alaihi wasallam dia bangun.

Setelah mengetahui ular telah menggigitnya, Muhammad shallallahu alaihi wasallam menggosok ludahnya di tempat di mana ular itu menggigit Abu Bakar (RA), kemudian Abu Bakar (RA) mulai merasa rileks dan rasa sakitnya hilang dalam beberapa menit! Dan Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan Abu Bakar (RA) kemudian tinggal di Gua selama 3 hari 3 malam.

Setelah mengetahui ular telah menggigitnya, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam  menggosok ludahnya di tempat di mana ular itu menggigit Abu Bakar, kemudian Abu Bakar mulai merasa rileks dan rasa sakitnya hilang dalam beberapa menit! Dan Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan Abu Bakar kemudian tinggal di Gua selama 3 hari 3 malam.

3. Laba-laba dan Merpati Membantu Muhammad shallallahu alaihi wasallam

Pada suatu saat, para pembunuh bayaran Quraish hampir memasuki gua, tetapi keajaiban terjadi!

Ular dan Merpati menatap gua itu seolah-olah tidak ada yang masuk ke dalam gua ini, tetapi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan Abu Bakar (RA) sedang beristirahat di dalam gua itu! Laba-laba merajut jaringnya saat merpati bertelur dan membuat tempat ini terlihat seolah-olah tidak ada manusia yang pernah masuk ke dalam gua ini!

Belakangan, Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan Abu Bakar (RA) berhasil menuju Madinah. Subhanallah!(theislamicinformation)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus