2 Wanita Swedia Berbagi Kisah Menuju Islam: Saya Menangis Saat Mendengar Alquran

N Zaid - Mualaf 20/07/2024
Foto: Iqna
Foto: Iqna

Oase.id - Dua wanita Swedia yang masuk Islam berbagi cerita, salah satu dari mereka mengatakan dia menangis saat mendengar pembacaan Alquran.

Penyebaran Islam di Swedia meningkat terutama dengan masuknya imigran Muslim, yang mengakibatkan pembangunan masjid di kota-kota besar dan kecil.

Kehadiran ini membuat banyak orang Swedia mendalami Islam. Di antara mereka adalah Emily Andersson, 29, dan Martina Hildingsson, 39, yang keduanya masuk Islam setelah beberapa waktu melakukan eksplorasi, Pusat Informasi Swedia melaporkan pada hari Jumat.

Emily Andersson, dari Savalo di Swedia selatan, berbagi kisahnya dengan televisi Swedia. “Saya tidak pernah tertarik dengan agama Kristen. Tidak ada perasaan spiritual dalam agama Kristen, tapi saya mengamati umat Islam dan mencoba mengenal Al-Quran setelah insiden pembakaran Al-Quran.”

“Saya dalam keadaan berduka atas meninggalnya nenek saya dan sedih atas penyakit serius ibu saya. Jadi saya memutuskan untuk mendengarkan Al-Quran, karena saya tidak bisa membacanya dalam bahasa Arab. Ketika saya pertama kali mendengarkan Al-Quran, saya mulai menangis. Ya, saya tidak mengerti apa yang saya dengar, tapi saya merasa itu adalah firman Tuhan. Saya menangis dan menangis. Saya merasa membutuhkan Al-Quran dan agama ini,” tambahnya.

Martina Hildingsson, tidak seperti Emily, adalah seorang Kristen yang taat. Melihat manifestasi Islam di sekelilingnya, ia memutuskan untuk menyelidiki apakah Islam benar-benar agama ketuhanan.

Setelah mempelajari Alquran dan tafsirnya, dia merasakan hubungan spiritual. “Ya, Al-Quran mirip dengan saya sebagai orang beragama yang berkomitmen pada ajaran Tuhan,” ujarnya.

Martina juga menceritakan latar belakangnya, ia mencatat bahwa orang tuanya bukanlah orang yang beriman, namun ia merasakan kerinduan rohani akan iman. “Karena saya beragama, saya langsung menganut semua ajaran Islam setelah masuk Islam, dan saya berhijab agar lebih dekat dengan Tuhan,” jelasnya.

Meski mendapat kritik dan serangan karena pindah agama dan berhijab, Martina tetap bangga dengan keputusannya. “Saya orang yang sama seperti sebelumnya, beragama tetapi ke arah yang saya anggap benar,” tambahnya.

Pada tahun 2017, populasi Muslim di Swedia diperkirakan berjumlah sekitar 810.000, yang mencakup sekitar 8,1% dari total populasi. Perkiraan yang lebih baru menyebutkan jumlahnya antara 250.000 dan 400.000. Sekitar setengah populasi Muslim tinggal di ibu kota, Stockholm, dan 10-15% lainnya tinggal di Göteborg.

Kehadiran Islam di Swedia dimulai pada abad ke 7-10 pada masa perdagangan Viking dengan umat Islam di Zaman Keemasan Islam. Imigrasi Muslim secara signifikan dimulai pada akhir tahun 1960an dan 1970an, dengan komunitas yang kini beragam, termasuk orang-orang dari Irak, Somalia, Kosovo, dan Afghanistan.(iqna)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus