Kisah Mualaf: Frustrasi dengan Filsafat Akhirnya Kembali Islam

N Zaid - Mualaf 06/02/2023
Ilustrasi. Foto Pixabay
Ilustrasi. Foto Pixabay

Oase.id - Beberapa orang yang masuk Islam lebih suka menyebutnya 'pembalikan' karena setiap orang dilahirkan dalam keadaan alami Islam – tunduk pada kehendak Tuhan – dan bukannya berpaling dari sesuatu yang mereka nyatakan sebelumnya. 

Seorang wanita Inggris Lamaan Ball berkisah tentang pengalaman spiritualnya mempercayai Islam sebagai agama yang menjadi pegangan hidupnya. Ia kecil sebagai muslimah, namun sempat agnostik, dan pada akhirnya menemui fase menerima kembali Islam, dengan keyakinan yang lebih matang, hasil dari pencariannya yang berliku, berbeda dengan sebelumnya, di mana Islam hanya agama warisan baginya. Sebab itu ia merasa menjalani 'pembalikan dua kali lipat' karena sempat 'keluar masuk' Islam.  Berikut kisahnya:

Orang tua saya masuk Islam sesaat sebelum saya lahir, namun karena saya tidak dibesarkan dengan perasaan yang jelas bahwa saya harus menjadi seorang Muslim, saya tidak menerima Islam sampai setelah saya menghabiskan beberapa waktu mencari kebenaran. Benar bahwa sebagai seorang anak saya mengikuti praktik Islam mereka seperti puasa Ramadhan, tetapi setelah ayah saya meninggal (ketika saya berusia lima tahun) ibu saya mengizinkan saya sejak usia 13 tahun untuk tidak ikut salat jika saya tidak mau. Dalam benak saya, saya menunggu sampai saya cukup umur untuk memutuskan agama mana, jika ada, yang akan saya pilih. 

Pada usia 16 tahun ibu saya menikah lagi dengan seorang Mesir dan saya tinggal bersama mereka di London selama dua tahun. Saat itu saya merasa bahwa saya harus mampu mengidentifikasi, menjelaskan, dan membenarkan tujuan hidup saya. 

Saya mulai membaca buku-buku milik ayah saya tentang filsafat. Ada banyak, beberapa tentang prinsip logika, yang lain tentang bahasa dan makna, dll. Pendekatan saya adalah membaca buku sampai saya merasa bahwa saya tidak dapat lagi menerima apa yang diusulkannya. Ini membuat saya meletakkan banyak buku yang belum selesai. Saya terutama ingat sebuah buku berjudul "Teach Yourself Philosophy", yang dimulai dengan mengatakan bahwa studi filsafat tidak berharap menemukan jawaban, tetapi melalui itu kita dapat menikmati mengeksplorasi pertanyaan. 

Saya benar-benar tidak berpikir bahwa sikap ini adalah cara yang sehat untuk membantu saya mencari kebenaran. Setelah membaca dan mengajukan beberapa pertanyaan tentang Islam dari orang lain, saya menemukan bahwa saya benar-benar tidak dapat menemukan jawaban yang memuaskan atas pertanyaan saya. 

Filosofi hidup saya terbentuk dan saya menyimpulkan bahwa saya adalah seorang agnostik yang yakin tujuan hidupnya adalah melanjutkan proses penemuan alam semesta. Hingga usia 21 tahun, saya mengikuti filosofi ini dengan tulus. Saat itu, saat saya belajar di Universitas Manchester, motivasi saya mulai menurun. Saya mendapati diri saya sendiri, meskipun yakin akan keakuratan evaluasi saya tentang bagaimana dunia ini dan bagaimana kehidupan ini, tidak dapat menerjemahkannya menjadi motivasi untuk bertindak. 

Hidup lebih mudah jika saya mengikuti orang banyak dalam berbagai pengejaran kesenangan. Jadi bagaimana jika tujuan hidup adalah untuk belajar? Mengapa saya harus mengerjakannya? Saat motivasi saya surut, begitu pula hasil akademis saya. Jadi pada liburan musim panas, saya memutuskan untuk meninjau filosofi hidup saya. 

Sebagian, dalam upaya untuk menghindari pengaruh pertimbangan emosional, saya akan menghabiskan tahun di Jerman sebagai bagian dari gelar saya. Selama musim panas, saya tinggal sendiri di Hamburg. Selama ini, saya bergumul dengan pertanyaan-pertanyaan ini mencoba untuk mencapai beberapa jawaban. Di tengah-tengah ini, saya memiliki mimpi yang mendalam ini. Saya sedang duduk bersama sekelompok orang di tanggul yang menghadap ke dataran terbuka lebar. 

Di kaki tanggul tampak seperti rangkaian jalur kereta api yang terbentang jauh ke kiri dan ke kanan meskipun dari sudut pandang kami kami hanya dapat melihat jalan pendek ke bawah rel. Saat kami duduk di tepi sungai, kami berdebat apakah ini benar-benar rel kereta api dan apakah kereta akan melewatinya atau tidak. Setelah beberapa saat, satu orang dalam kelompok ingin menunjukkan betapa yakinnya dia bahwa ini bukan jalur kereta api dan tidak akan ada kereta api yang datang. Jadi dia duduk sendiri di tengah rel. Saya pergi untuk pergi dan berunding dengannya. 

Beberapa saat kemudian sebuah kereta api besar melaju di sepanjang rel dan dalam sekejap menghilang ke kejauhan. Terkejut, saya pergi mencari pria yang begitu yakin dengan pernyataannya bahwa tidak ada kereta yang datang. Dia telah menghilang, jelas kereta telah mengangkatnya dan pergi ke kejauhan. Saya kembali ke yang lain duduk di tanggul dan bertanya apakah mereka melihat apa yang terjadi pada pria ini. 

Setelah beberapa komentar, mereka mulai berkata satu sama lain bahwa, karena mereka tidak memiliki bukti sekarang bahwa kereta itu ada, maka itu mungkin ada atau tidak. "Apakah kamu tidak melihatnya?" tanyaku, kagum pada mereka. "Mungkin, tapi kita tidak bisa melihat apa-apa sekarang, jadi kita tidak bisa memastikan apakah ini benar-benar jalur kereta atau ada kereta yang menggunakannya." adalah jawabannya. "Bagaimana dengan orang yang duduk di atas rel?" Saya bertanya. “Saya tidak dapat melihatnya” jawabnya, “jadi bagaimana saya tahu dia pernah ada di sana? Bukti kan kepada saya!" Saat mereka melanjutkan perdebatan, saya putus asa atas penolakan fakta mereka yang nyata hanya karena fakta tidak selalu tepat di depan mata mereka.

Pada saat itu saya bangun. Saya menyadari pada saat itu, bahwa mimpi ini mencerminkan diskusi sia-sia para filsuf yang telah saya habiskan begitu banyak waktu untuk mengamati, jika tidak terlibat. Saya menyadari bahwa terkadang kepastian datang dari peristiwa tunggal yang tidak terulang saat Anda menginginkannya. Mimpi itu menggemakan dengan kuat situasi seseorang yang sangat percaya kepada Tuhan namun tidak mampu meyakinkan orang lain tentang keberadaan Tuhan dan tidak mampu memberikan bukti yang diminta. 

Tuhan tidak terlihat tetapi ada bukti yang jelas bagi mereka yang peduli untuk melihat dan mendengarkan. Sebagian sebagai hasil dari mimpi ini dan renungan lainnya, saya ingat membuat doa kecil untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun dengan mengatakan "Tuhan, jika Engkau ada, bimbing saya." Selama beberapa bulan berikutnya saya terus bergumul dengan pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak saya tentang kehidupan, Tuhan, wahyu dan hal-hal semacam itu. 

Satu masalah yang saya rasa krusial adalah perlunya wahyu untuk membimbing orang-orang pada perilaku yang baik. Akhirnya saya menyadari bahwa agar orang-orang bahkan terlibat dalam upaya tulus yang serius untuk mencapai perilaku yang baik, termasuk mencoba belajar benar dari yang salah, pertama-tama mereka harus menerima kebutuhan moral untuk melakukannya. Wahyu diperlukan setidaknya untuk alasan ini. Karena tanpanya tidak ada hubungan yang dapat dibuktikan antara apa yang ada dan apa yang harus kita lakukan. 

Berjuang untuk mencapai pemahaman yang baik tentang apa yang benar dan salah itu sendiri merupakan kebaikan moral inti yang harus kita semua perhatikan. Ini tentu saja merupakan argumen melingkar, bagi mereka yang bersikeras bahwa tidak ada moral yang baik dan tidak ada moral yang buruk, bahwa tidak ada Tuhan yang menghakimi hal-hal seperti itu, bagi orang-orang seperti itu tidak ada motivasi bahkan untuk mencoba dan mencari tahu apa yang benar atau tidak. Jadi kita memiliki dua kemungkinan yang jelas, menerima bahwa ada moral yang benar dan moral yang salah dan secara implisit menilainya, atau menyangkal bahwa ada pertanggungjawaban moral dan kemudian tidak perlu berusaha mengarahkan hidup Anda untuk berbuat baik. Kedua posisi itu memperkuat diri sendiri. 

Pada saat itu, memahami dikotomi ini, saya memutuskan bahwa saya, sebagai manusia, tidak dapat menjalani kehidupan yang sia-sia seperti yang tersirat dalam pilihan kedua. Saya juga tidak bisa duduk di pagar lagi. Saya menyimpulkan pada suatu malam, saat sendirian di ruang siswa saya, bahwa saya percaya pada Tuhan, bahwa berdasarkan apa yang saya ketahui tentang berbagai agama, Islam jauh lebih masuk akal daripada sistem kepercayaan lainnya.

Saya menuliskan kesaksian iman dalam Islam – Syahadat – di atas kertas dan menandatanganinya. Saya sekarang seorang Muslim. Sekitar sebulan berikutnya saya membaca Al-Qur’an (dalam bahasa Inggris) dengan sikap “Jika saya tidak dapat menemukan apa pun di sini yang saya tahu salah maka saya akan tetap menggunakannya. Materi lainnya masih bisa diperdebatkan”. Saat saya membaca, saya menjadi semakin yakin akan keputusan saya dan tidak dapat menemukan apa pun yang membuat saya ragu. 

Selama tahun-tahun berikutnya saya terus memikirkan dengan hati-hati tentang semua yang saya terima dan membuat kemajuan berdasarkan penalaran yang masuk akal. Terkadang, saya telah melakukan kesalahan, tetapi saya tetap mempertahankan bahwa hidup adalah tentang belajar. Kesalahan hanyalah bagian dari cara kita maju. Namun kunci untuk pembelajaran yang baik, seperti pemikiran yang baik, pertama-tama mengakui bahwa menjadi baik adalah tentang moral. 

Memiliki moral mengharuskan kita untuk percaya bahwa Tuhan ada sebagai hakim terakhir atas apa yang baik secara moral. Siapa lagi yang mungkin memenuhi syarat? Hidup saya telah berubah dan saya tidak pernah melihat ke belakang sejak saat itu tanpa mengatakan “Alhamdulillah... saya seorang Muslim.”(islamonline)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus