Cara Mufti Tatarstan Memberikan Dukungan Kepada Palestina

N Zaid - Palestina 15/11/2023
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Simpati internasional terhadap warga Palestina semakin besar seiring dengan meletusnya perang Hamas-Israel di Gaza yang telah menewaskan 10 ribu orang lebih. Berbagai cara dilakukan untuk menunjukkan dukungan langsung terhadap Palestina. Salah satunya, menemui para mahasiswa Palestina yang sedang berada di wilayahnya. Ini juga yang dilakukan Mufti Tatarstan Kamil Hazrat Samigullin terhadap para pelajar dan mahasiswa yang berasal dari Palestina terutama Gaza.

Mufti Tatarstan Kamil Hazrat Samigullin mengundang mahasiswa Palestina di Masjid Galiev pada tanggal 30 bulan Rabi al-akhir (14 November). Sebanyak 18 mahasiswa mengikuti pertemuan tersebut, 10 di antaranya berasal dari Jalur Gaza. Total 33 orang Palestina tinggal di Kazan, 26 di antaranya adalah mahasiswa. Mereka belajar di Universitas Federal Kazan (Wilayah Volga), Universitas Kedokteran Negeri Kazan, Universitas Teknologi Riset Nasional Kazan, Universitas Energi Negeri Kazan.

Pertemuan mahasiswa asal Palestina dan Jalur Gaza tersebut juga dihadiri oleh Direktur Lembaga Anggaran Negara “Rumah Persahabatan Rakyat Tatarstan” Timur Kadyrov, Kepala Perangkat Mufti Irek Arslanov, Kepala Badan “Zakat” yayasan amal Direktorat Spiritual Muslim Republik Tatarstan Bulat Mardanov dan lainnya.

Pertemuan diawali dengan pembacaan Alquran oleh Hafiz Abdur-Rahman Saif Asri.

Selanjutnya, setiap siswa yang datang dalam pertemuan tersebut bercerita tentang dirinya dan orang-orang tercinta yang tinggal di tanah kelahirannya. Mereka mengucapkan terima kasih kepada Rais Tatarstan Rustam Minnikhanov, Mufti Kamil Hazrat Samigullin dan pimpinan Direktorat Kerohanian Muslim Republik Tatarstan yang telah mengatur dan berinisiatif mengumpulkan bantuan kemanusiaan, serta kepada masyarakat Tatarstan yang memberikan bantuan dalam masa-masa sulit dan sulit.

Kamil Hazrat menyampaikan belasungkawa kepada sanak saudara dan sahabat para korban, berharap arwah saudara kita yang meninggal dunia bisa sampai di Surga Firdaus. Tercatat, sejak berita duka itu tiba, doa dipanjatkan di masjid-masjid.

Atas inisiatif umat Islam Tatarstan, kampanye besar-besaran diadakan untuk mengumpulkan bantuan kemanusiaan. “Kargo kemanusiaan pertama sebanyak 25 ton dikirim ke Jalur Gaza dari ibu kota Tatarstan. Saat ini pengumpulan barang dihentikan, hanya uang tunai yang diterima,” kata mufti tersebut.

Kamil Hazrat mendengarkan permintaan para santri, dan kedepannya rencananya akan mengadakan pendampingan bersama dengan Yayasan Zakat. Direncanakan untuk mempelajari kondisi kehidupan dan kebutuhan setiap siswa. Dukungan bagi mahasiswa yang membayar biaya di universitas-universitas di Kazan juga diperlukan.

Siswa bertanya tentang peluang kerja di waktu luang mereka dan menyarankan untuk mengadakan program televisi, malam wagaz (instruksi) tentang sejarah Palestina dan Masjid Al-Aqsa. Selain itu, kemungkinan untuk menyelenggarakan berbagai pertemuan tematik dengan pemuda Muslim di lokasi Muftiat juga dipertimbangkan.

Di akhir pertemuan, masing-masing santri menerima paket sembako dari yayasan amal Zakat. Set makanan meliputi tepung, sereal, minyak bunga matahari, gula, daging rebus, pasta, dan teh. Paket sembako tersebut dibeli dengan menggunakan dana sadaka dan bantuan materiil yang diterima dari warga terkait.(dumrtu)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus