Apa Doa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam Ketika Sakit

N Zaid - Doa ketika sakit 12/11/2023
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Kondisi sakit, sebagaimana kesehatan, tidak terlepas dari kehendak Allah subhanahu wa ta'ala. Namun, manusia dianjurkan untuk berikhtiar mendapatkan kesembuhannya denga cara-cara yang diperbolehkan, seperti mencari penyembuhan dari cara medis modern, dan obat-obatan herbal tradisional.

Selain, itu dianjurkan untuk yang sakit memperbanyak doa kepada Allah memohon kesembuhan. Dan doa tersebut sepatutnya berdasarkan dalil yang sahih dari Al-quran maupun hadits/sunnah Nabi shallallahu alaihi wasallam, seperti yang dipaparkan berikut ini:

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam biasa meletakkan tangannya pada orang sakit, seraya berdoa:

Allahumma Rabban naas mudzhibal ba'si isyfi antasy-syafii laa sayafiya illaa anta syifaa'an laa yughaadiru saqoman

"Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Sembuhkanlah, karena Engkau-lah Sang Maha Penyembuh, karena tidak ada kesembuhan selain kesembuhan dari Mu, dengan kesembuhan yang tidak menimbulkan rasa sakit (yang lain).

Dalam riwayat lain dikatakan bahwa suatu saat seseorang datang kepada beliau mengeluhkan rasa sakit, maka beliau bersabda:

"Letakkanlah tanganmu pada bagian tubuhmu yang sakit, lalu bacalah, 'Dengan (menyebut) Nama Allah tiga kali, selanjutnya bacalah tujuh kali, 
A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir (7 x)”

Artinya: Aku berlindung dengan kemuliaan Allah serta kekuasaanNya dari keburukan yang aku temui serta yang aku khawatirkan.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim no 2186 dikatakan, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengeluhkan sakitnya kepada malaikat Jibril, kemudian Jibril pun berdoa:

Bismillaahi arqiika min kulli syai-in yu’dziika, min syarri kulli nafsin au ‘ainin haasidin, Allaahu yasyfiika bismillaahi arqiika.

Artinya: Dengan (menyebut) Nama Allah aku meruqyahmu dari segala sesuatu, yang menyakitimu, dan dari keburukan segala jiwa atau mata yang diliputi kedengkian. Semoga Allah menyembuhkanmu. Dengan (menyebut) Nama Allah aku meruqyahmu.(HR Muslim)

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal, dikutip dari Rumaysho, juga membagikan salah satu doa yang bisa diamalkan ketika anggota tubuh ada yang sakit. Ini termasuk bacaan ruqyah sederhana, bisa diamalkan oleh penderita sakit itu sendiri. Misal, sakit gigi, tangan keseleo, atau kaki yang keseleo.

Pegang bagian tubuh yang sakit lalu membaca:

“Bismillah (3 x)

A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir (7 x)”

[Dengan menyebut nama Allah, dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai] (HR. Muslim no. 2202)

Cerita hadits di atas, pernah ‘Utsman bin Abu Al-Asy’ash Ats-Tsaqafi mengadukan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ada sesuatu yang sakit di tubuhnya sejak dahulu ia masuk Islam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan doa di atas, sambil memerintah dengan meletakkan tangan di bagian yang sakit pada badannya.

Imam Nawawi rahimahullah menyatakan bahwa disunnahkan meletakkan tangan di bagian yang sakit lalu membaca doa sebagaimana yang disebutkan. (Syarh Shahih Muslim, 14: 169)
 


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus