Doa yang Diamalkan Rasulullah pada Bulan Rajab

Octri Amelia Suryani - Bulan Rajab Puasa Rajab Nabi Muhammad Saw 07/02/2022
Doa (Photo by Faseeh Fawaz on Unsplash)
Doa (Photo by Faseeh Fawaz on Unsplash)

Oase.id - Bulan Rajab adalah bulan ketujuh dalam kalender Hijriah. Selain puasa Rajab, masih banyak lagi amalan yang dapat dilaksanakan pada bulan ini. Yaitu mengamalkan doa-doa yang senantiasa diamalkan oleh Rasulullah ﷺ.

Berikut Oase.id mengutip dari beberapa sumber terkait doa yang diamalkan oleh Nabi Muhammad ﷺ pada bulan Rajab:

1. Doa agar umur sampai bulan Ramadan

Bulan Rajab merupakan bulan penantian untuk mendekati Bulan Ramadan. Bulan Ramadan atau bulan puasa selalu diidam-idamkan oleh umat Muslim.

Oleh sebab itu, tak heran jika Nabi Muhammad ﷺ pernah memanjatkan doa agar umur seseorang bisa sampai bulan Ramadan yang sering dipanjatkan pada bulan Rajab.

أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Artinya: "Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Syaban, serta sampaikan lah (umur) kami hingga bulan Ramadan."

Doa ini dipanjatkan agar Allah Swt senantiasa memberi keberkahan agar dipanjangkannya umur seseorang dan dapat berjumpa dengan bulan Ramadan.

2. Istighfar

Selain doa panjang umur, Rasulullah ﷺ juga memperbanyak istighfar pada bulan ini. Bacaaan istighfar yang dimaksud adalah;

"Astaghfirullaha wa atuubu ilaiih."

Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya."

3. Bertasbih

Pada bulan ini hendaklah umat muslim bertasbih sebanyak mungkin. Sebagaimana bacaan tasbihnya:

Subhanallahil jaliil, subhaana mallaa yambaghittasbiihu illaa lahu. Subhaanal a'azzilakromi. Subhaana mallabisal'izza wa huwa lahuu ahlun.

Artinya: "Maha Suci Tuhan yang Maha Agung, Maha Suci yang tidak layak bertasbih kecuali kepada-Nya. Maha Suci yang Maha Agung dan Maha Mulia, Maha Suci yang menyandang keagungan, dan hanya Dia yang layak memilikinya."

Demikian tiga doa yang diamalkan oleh Rasulullah pada bulan Rajab. Semoga setiap amalan yang kita amalkan selama bulan Rajab ini diterima oleh Allah Swt. Aamin..


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus