Napak Tilas NU, Belasan Pemuda Kibarkan Bendera di Himalaya

Sobih AW Adnan - Komunitas Anak Muda 10/03/2020
Photo by ist
Photo by ist

Oase.id- Belasan pendaki asal Indonesia berhasil mengibarkan bendera ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) di Langtang, Himalaya, Nepal. Ekspedisi dilakukan dalam rangka memperingati harlah ke-97 NU berdasarkan penanggalan kalender hijriyah.

Langtang merupakan taman nasional Himalaya pertama yang didirikan pada 1976. Lokasi ini merupakan kawasan lindung keempat di Nepal.

Koordinator ekspedisi Ranggie Ragata mengatakan, agenda tersebut juga akan menjadi kopdar komunitas tertinggi, yakni di ketinggian 4.130 mdpl berlokasi di Annapura Basecamp, Nepal.

"Ekspedisi ini diikuti 18 pemuda-pemudi dari berbagai daerah," ungkap Ranggie, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Oase.id pada Selasa, 10 Maret 2020.

Ranggie menambahkan, pendakian juga dilakukan dalam rangka napak tilas perjuangan para pendiri NU bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

"Secara historis, NU turut berjuang mendirikan NKRI dan mendamaikan nasionalisme dengan agama, melalui slogannya Hubbul wathan minal iman (cinta tanah air sebagian dari iman). Generasi muda perlu didekatkan dengan NU untuk merawat keutuhan berbangsa, di tengah situasi global yang rentan terjadi perang saudara," kata dia.


(SBH)
Posted by Sobih AW Adnan