10 Tips Mempersiapkan Diri Jelang Puasa Ramadhan

N Zaid - Ramadhan 22/02/2023
Ilustrasi. Foto Pixabay
Ilustrasi. Foto Pixabay

Oase.id - Bulan suci semakin dekat, kita semua sibuk mempersiapkan Ramadhan. Penting bagi kita untuk menyelesaikan semua yang perlu dilakukan sebelum Ramadhan agar kita tidak menyia-nyiakan satu momen berharga di bulan suci ini.
 
Anda dapat menyiapkan daftar periksa persiapan Ramadhan dengan cepat untuk membantu Anda melewati semuanya juga. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk membantu Anda mempersiapkan Ramadhan seperti rangkum Halaltrip.

1. Selesaikan Semua Puasa yang Tertunda
 
Jika Anda melewatkan puasa apa pun selama Ramadhan sebelumnya, sekarang saatnya untuk menyelesaikannya. Jika Anda tidak mampu (karena sebab-sebab seperti hamil, bepergian, sakit, dan lain-lain), maka Anda dianjurkan membayar Fidyah, yaitu kompensasi tidak berpuasa, di mana Anda harus memberi makan fakir miskin.
 
Fidya tidak berlaku bagi fakir miskin. Mereka yang masih muda dan sehat dapat menyelesaikan puasa mereka ketika apa pun yang menghentikan mereka untuk melakukannya sekarang sudah berakhir.
 
“(Puasa untuk) jumlah hari yang terbatas. Jadi, siapa pun di antara kamu yang sakit atau dalam perjalanan (selama mereka) - maka jumlah hari yang sama (harus dibuat). Dan atas orang-orang yang mampu [berpuasa, tetapi dengan susah payah - tebusan (sebagai pengganti) memberi makan orang miskin (setiap hari) ….”
[Qur’an 2:184]
 
2. Buatlah Niat

Niat adalah dasar dari segala sesuatu yang dilakukan seorang Muslim. Dia akan dihukum atau diganjar sesuai dengan apa yang dia niatkan terjadi dengan apapun perbuatannya. Kita harus selalu melakukan segala sesuatu dengan harapan menyenangkan Allah, dan tidak ada yang lain. Demikian pula, kita harus membuat niat bahwa kita pergi ke Ramadhan ini dengan niat berpuasa karena Allah dan melakukan semua amal lainnya hanya untuk Allah.
 
3. Membersihkan Rumah
 
Tujuannya adalah untuk menyelesaikan sebanyak mungkin tugas dalam persiapan Ramadhan sehingga Anda tidak perlu melakukannya selama bulan tersebut. Salah satu tugasnya adalah membersihkan rumah. Sisihkan satu hari untuk melakukan pembersihan rumah secara menyeluruh. Anda juga dapat mengumpulkan beberapa pakaian bekas dan barang-barang bekas untuk disumbangkan selama Ramadhan.
 
4. Selesaikan Belanja Anda

Kita semua bersemangat menyambut Idul Fitri, bahkan sebelum Ramadhan dimulai, tetapi jangan biarkan itu menjadi satu-satunya fokus Anda selama bulan tersebut. Tambahkan belanja ke bagian atas daftar periksa persiapan Ramadhan Anda, dan singkirkan pakaian dan belanja hadiah agar Anda dapat fokus untuk mendapatkan hasil maksimal dari bulan suci.
 
Ini juga merupakan ide bagus untuk menyelesaikan belanja bahan makanan Anda seminggu atau lebih sebelum Ramadhan dimulai. Jelas, Anda tidak bisa menyimpan buah dan sayuran segar selama sebulan penuh. Tetapi Anda dapat membeli dan menyimpan banyak bahan lain seperti kacang kering, tepung, gula, minyak, dll.

5. Pra-Membuat Makanan

Kita juga cenderung menghabiskan terlalu banyak waktu di dapur selama Ramadhan. Dan terkadang, Anda tidak dapat menahannya ketika Anda harus memberi makan seluruh keluarga sendirian! Itu sebabnya ide bagus untuk apa yang harus dilakukan sebelum Ramadhan adalah membuat makanan terlebih dahulu.
 
Anda dapat membuat makanan dalam jumlah besar dan menyimpannya di dalam freezer dalam porsi masing-masing, jadi ketika saatnya tiba, Anda dapat mengambil salah satunya dan memanaskannya! Sup, kari (tanpa menggunakan kelapa), dan acar sayuran adalah beberapa hal yang terlintas dalam pikiran.
 
6. Kunjungi Dokter
 
Hal lain untuk ditambahkan ke daftar periksa persiapan Ramadhan Anda adalah kunjungan ke dokter Anda. Jika Anda memiliki beberapa kekhawatiran, mendiskusikannya dengan dokter Anda dan mengobatinya terlebih dahulu akan menyelamatkan Anda dari banyak masalah selama Ramadhan.
 
Jika Anda memiliki penyakit lama seperti kolesterol, diabetes, atau tekanan darah tinggi, maka Anda tetap harus mengunjungi dokter. Jika Anda sudah minum obat, maka dokter Anda akan dapat memberi tahu Anda tentang cara merevisi pengaturan waktu agar sesuai dengan hari puasa.
 
7. Kosongkan Jadwal Anda
 

Jika biasanya Anda makan siang sambil berdiri atau jalan-jalan malam mingguan dengan teman-teman Anda, sebaiknya Anda membatalkannya selama bulan Ramadhan. Pastikan apa pun yang perlu Anda lakukan sudah diurus, dan apa pun yang dapat Anda tunda sampai setelah Ramadhan dapat disisihkan.
 
8. Siapkan Daftar Periksa Ramadhan

Ini adalah cara yang bagus untuk memaksimalkan produktivitas selama Ramadhan. Mencantumkan "tujuan" Anda dalam daftar periksa akan membantu Anda tetap pada jalurnya. Anda dapat menetapkan tugas sendiri, sehingga Anda tahu bahwa Anda dapat melakukannya, yang akan memberi Anda motivasi untuk menyelesaikan semua tugas. Daftar periksa harian untuk apa yang perlu dilakukan setiap hari, sedangkan daftar periksa bulanan akan mencantumkan tujuan yang harus diselesaikan pada akhir Ramadhan.
 
 9. Cetak Beberapa Doa Ramadhan
 
Salah satu hal yang dapat Anda lakukan dalam persiapan Ramadhan adalah mendapatkan beberapa doa dan doa yang dapat Anda cetak dan simpan di sekitar rumah. Dengan cara ini, setiap kali Anda melihatnya, Anda akan diingatkan untuk membacanya.
 
Jika Anda memiliki anak, Anda bahkan dapat menjadikannya proyek pra-Ramadan yang menyenangkan bagi mereka; mereka dapat menghias bingkai dan menulis do'a sendiri. Ini tidak hanya akan membuat mereka sibuk, tetapi juga akan mendorong mereka untuk mempelajari doa itu sendiri.
 
10. Kumpulkan Informasi

Dapatkan waktu sholat lokal Anda, bersama dengan waktu buka puasa dan fajar, dan gantung di rumah Anda. Periksa lingkungan Anda dan masjid setempat untuk mencari tahu kapan dan di mana shalat Tarawih berlangsung. Cari tahu tentang program atau khotbah Ramadhan di wilayah Anda sehingga Anda dapat meluangkan waktu untuk berpartisipasi di dalamnya. Anda bahkan dapat mengikuti program atau khotbah pra-Ramadhan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana mempersiapkan Ramadhan.(halaltrip)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus