Sistem GPS Canggih Meningkatkan Bimbingan Jamaah Di Masjidil Haram

N Zaid - Haji 01/06/2024
Foto: Onearabia
Foto: Onearabia

Oase.id - Dalam rangka persiapan musim haji, Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah memperkenalkan sistem navigasi GPS untuk meningkatkan pengalaman pengunjung, jamaah umrah, dan jamaah di Masjidil Haram. Layanan ini mencakup peta digital interaktif dan panduan cetak, yang bertujuan untuk meningkatkan layanan yang memudahkan kedatangan dan pergerakan jamaah.

Layanan peta digital interaktif dirancang untuk memudahkan akses dan navigasi bagi mereka yang mengunjungi Masjidil Haram. Ini membantu mengidentifikasi lokasi ritual keagamaan dan landmark terkenal, termasuk area Mataf (berkeliling) dan area Sai. Layanan ini menyediakan navigasi langsung ke situs-situs tersebut melalui antarmuka digital.

Untuk membantu jamaah menemukan posisi mereka di situs suci, 200 panel kode QR didistribusikan ke seluruh Masjidil Haram. Panel ini memungkinkan pengguna untuk menentukan lokasi mereka dan menemukan tujuan yang diinginkan menggunakan ponsel yang kompatibel dengan sistem iOS dan Android.

Peta digital interaktif juga menyediakan akses terhadap seluruh fasilitas yang ditawarkan otoritas. Ini termasuk gerbang, perpustakaan, toilet, kantor bimbingan, layanan kereta manual dan listrik, eskalator, dan rumah sakit lapangan. Peta tersebut mengakomodasi keragaman budaya dengan memasukkan beberapa bahasa seperti Arab, Inggris, Perancis, Urdu, Indonesia, dan Turki.

Manual Panduan Cetak
Administrasi umum survei dan sistem informasi geografis di Masjidil Haram juga telah menyediakan panduan cetak bagi jamaah. Panduan ini didistribusikan secara manual dan tersedia dalam berbagai bahasa. Ini melengkapi papan panduan yang tercetak di dinding Masjidil Haram, membantu jamaah dalam melaksanakan ibadah mereka dan memfasilitasi pergerakan mereka.

Pengenalan alat bantu navigasi ini bertujuan untuk memastikan pengalaman yang lebih lancar bagi seluruh pengunjung selama musim haji. Dengan memanfaatkan teknologi dan sumber daya multibahasa, Pembesar Umum berupaya memberikan dukungan komprehensif kepada para peziarah dari seluruh dunia.(onearabia)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus