Apa Saja yang Terjadi di Zaman Rasulullah pada Jumadil Awal

N Zaid - Keutamaan Bulan Dzulhijjah 13/11/2023
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id  - Di antara 12 bulan lunar yang muncul dalam Kalender Islam, Jumadil Awal menempati tempatnya sebagai bulan kelima. Bulan ini terdapat 29 atau 30 hari.

Namanya berasal dari Jamad yang berarti kering, gersang, atau tidak hujan; menggambarkan lahan kering dan gersang menjadikannya bulan kering. Nama lain yang diberikan padanya adalah Jumada-al-Ula, yang menjelaskan tentang memuji, berkomitmen, mengurus atau merawat selama bulan kering.

Pada bulan Jumadil Awal terjadi pertempuran Mu'tah. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam tidak mengambil bagian di dalamnya. Sebagai pemimpin Tentara Islam, Zaid bin Haritsah (RA) lebih disukai untuk berperang.

Sejarah di balik nama Pertempuran tersebut adalah kota Mu'tah, yang terletak di Suriah tempat pertempuran tersebut terjadi. Banyak peristiwa lain yang muncul pada Jumadil Awal. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam menikah dengan Khadijah RA pada bulan ini. Kesyahidan Zaid bin Haritsah (RA) terjadi di dalamnya.

Hal ini juga dikaitkan dengan peristiwa syahidnya Jafar (RA). Terakhir, kesyahidan Abdullah (RA) juga terjadi di dalamnya. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam kehilangan Kakeknya, Abdul Muttalib (RA) di JJumadil Awal.

Umar-ibn Al-Khattab, sahabat terdekat Nabi shallallahu alaihi wa sallam, adalah orang yang memprakarsai kalender Islam. Kira-kira pada tahun 638 M, saat memimpin komunitas Muslim, Beliau bertemu dengan para penasihat-Nya untuk berkumpul dalam sebuah diskusi yang berpusat pada sistem penanggalan pada masa itu.

Setelah berdiskusi, mereka semua menyepakati Hijrah, sebagai indikator referensi Kalender Islam yang paling dapat diandalkan karena titik tersebut merupakan pergantian penting bagi komunitas Muslim.

Peristiwa Penting di Jamadi Ul Awwal
Jumadil Awal ke 5 : Kelahiran Zainab binti Ali (RA).
Jumadil Awal ke-10: Fatima binti Muhammad (Putri Nabi Muhammad SAW) meninggal pada usia 23 tahun.
Jumadil Awal ke-13: Fathimah binti Muhammad (RA) dimakamkan oleh suaminya Ali bin Abi Thalib (RA).
Jumadil Awal ke-15 : Ali bin Hussain (Zain Al Abideen RA) lahir.
Jumadil Awal ke-22: Pertempuran Unta terjadi antara Aisyah RA dan Ali Ibnu Abi Thalib (RA). Ali bin Abi Thalib (RA) memenangkan pertempuran ini.(theislamicinformation)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus