Tetap Bugar saat Puasa, Ini Rekomendasi Olahraga yang Aman Dilakukan

Octri Amelia Suryani - Puasa Ramadhan Olahraga Tips Kesehatan 13/04/2022
Olahraga di bulan puasa (wal_172619_Pixabay)
Olahraga di bulan puasa (wal_172619_Pixabay)

Oase.id - Olahraga pada waktu berpuasa biasanya terdengar menakutkan. Karena saat berolahraga seseorang akan mengeluarkan tenaganya. Tak jarang juga seseorang merasa lapar dan dahaga setelah berolahraga. Karena itulah tidak sedikit yang memutuskan untuk stop berolahraga saat berpuasa.

Padahal sebenarnya berolahraga saat melaksanakan puasa tidak semua menakutkan. Bahkan jika dilakukan dengan cara yang benar manfaatnya tentu menyehatkan. Ini bisa diatasi dengan memilih olahraga yang pas untuk dilakukan saat berpuasa. Selain itu juga memperhatikan waktu untuk melaksanakan olahraga tersebut.

Biasanya di luar bulan puasa, olahraga rutin dilakukan pada pagi hari. Berbeda dengan waktu bulan puasa, olahraga dilakukan pada sore hari. Hal ini mengantisipasi agar tidak terlalu lama menahan dahaga, karena dekat jelang berbuka.

Setidaknya ada 6 rekomendasi olahraga ringan yang dapat dilakukan saat berpuasa. Berikut Oase.id mengutip dari beberapa pendapat,  soal rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa:

1. Joging

Joging adalah salah satu olahraga yang dapat dilakukan meski di bulan puasa Ramadhan. Melakukan joging dengan intensitas ringan sangat baik dan memungkinkan untuk dilakukan. Olahraga ini dapat menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa. Namun tetap dengan intensitas yang ringan agar tidak menimbulkan dehidrasi yang berlebihan.

2. Bersepeda

Bersepeda selama berpuasa juga dapat menjaga kebugaran tubuh. Bersepeda selama kurang lebih 45 menit akan membakar sekitar 300 kalori untuk wanita, dan 350 kalori untuk pria.

3. Renang

Renang menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa membakar kalori dengan baik. Renang dapat menjadi pilihan sebagai jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan saat berpuasa. Tetapi perlu diingat, berenang terlalu lama juga kurang baik karena khawatir masuknya air ke dalam mulut yang mungkin bisa membatalkan puasa.

4. Jalan Cepat

Selanjutnya jalan cepat menjadi alternatif olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan selama berpuasa. Jalan cepat yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit akan membantu seseorang untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Lakukan olahraga jalan cepat saat menjelang berbuka.

5. Yoga

Selain mampu membuat pikiran rileks, yoga juga menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Prosesi yoga fokus pada latihan teknik pernapasan yang akan membantu proses penyuplaian oksigen ke dalam otak. Hal ini dapat membantu seseorang untuk tetap berpikir jernih, merasa tenang, juga nyaman selama berpuasa.

Yoga dapat dilakukan kapan pun selama berpuasa. Pilihlah lokasi yang tenang dan jauh dari keramaian untuk dapat melakukan yoga yang maksimal.

6. Naik Turun Tangga

Olahraga terakhir ini terkesan sepele, tetapi sebenarnya aktivitas naik turun tangga terbukti menjadi jenis olahraga yang cukup baik dilakukan saat berpuasa. Olahraga ini tergolong ringan, tetapi mampu menimbulkan dehidrasi jika kita tidak melakukannya dengan prosedur yang baik. Naik turun tangga selama kurang lebih 10 menit akan membantu menurunkan kalori di dalam tubuh sebesar 178 kalori. Maka, lakukanlah olahraga ini saat berpuasa dengan intensitas normal dan tidak berlebihan.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus