Arab Saudi Mengirimkan Pesan Moderasi pada Konferensi Makkah

N Zaid - Pergaulan Islam 15/08/2023
foto: Arabnews
foto: Arabnews

Oase.id - Hari terakhir konferensi Makkah menekankan perlunya peningkatan komunikasi, integrasi, dan kemitraan yang lebih kuat dalam urusan Islam di antara departemen urusan agama, ifta, dan syekh di seluruh dunia untuk mencapai persatuan di antara umat Islam.

Konferensi internasional, “Komunikasi dengan Departemen Urusan Agama, Ifta dan Sheikhdoms di Dunia,” berakhir di kota suci itu pada hari Senin.

Diselenggarakan dengan tema “komunikasi dan integrasi”, konferensi dua hari tersebut dihadiri oleh sekitar 150 ulama, mufti, pemimpin agama dan pemikir Islam terkemuka dari 85 negara.

Ketua asosiasi dan syekh Islam, serta akademisi dari sejumlah universitas internasional, juga ambil bagian dalam acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan Saudi.

Konferensi tersebut mengirimkan pesan kepada dunia tentang upaya Saudi untuk melayani Islam dan Muslim, dan untuk mempromosikan nilai-nilai moderasi.

Selama konferensi, para peserta mempresentasikan makalah penelitian dalam tujuh sesi yang mencakup berbagai topik. Ini termasuk upaya dalam pelayanan Islam, mempromosikan nilai-nilai toleransi dan koeksistensi, moderasi dan toleransi dalam Al-Qur'an dan Sunnah Nabi, memerangi ekstremisme dan terorisme, dan melindungi masyarakat dari ateisme dan perpecahan.

Dalam komunike terakhir konferensi, para peserta juga menekankan bahwa bangunan pertama persatuan Islam adalah penyatuan, sebuah prinsip yang dianjurkan oleh semua rasul. Mereka menyatakan bahwa berpegang pada Al-Qur’an dan As-Sunnah adalah dasar agama, yang meliputi pentingnya menghindari penyimpangan dan berpegang pada prinsip-prinsip dengan pemahaman yang benar untuk mencegah perselisihan.

Rekomendasi tersebut juga menyoroti pentingnya mengatur fatwa sesuai dengan teks Syariah dengan cara yang mempromosikan kemaslahatan dan mencegah korupsi. Peserta menekankan pentingnya memperoleh fatwa dari sumber terpercaya dan menghindari fatwa yang menyesatkan atau tidak benar.

Tanggung jawab departemen urusan agama, ifta dan syekh di seluruh dunia juga ditekankan dalam mempromosikan nilai-nilai moderasi dan toleransi dalam wacana dakwah dan kurikulum pendidikan. Hal ini dapat dicapai melalui program pelatihan intensif bagi para imam dan mubaligh, serta upaya memerangi ekstremisme dan kerusakan moral.

Kebutuhan untuk melestarikan keluarga, melindungi kaum muda dan mempromosikan nilai dan prinsip juga ditekankan.

Para peserta juga merekomendasikan upaya melawan untuk mendistorsi Islam dan menyoroti pentingnya menampilkan nilai-nilai toleransi, kasih sayang, dan keadilan yang sebenarnya. Mereka menekankan dampak merugikan dari kelompok ekstremis dalam mendistorsi Islam, memicu konflik, memecah belah masyarakat dan menyebarkan kekacauan dan ketidakamanan.

Komunike terakhir mengecam keras tindakan pembakaran salinan Al-Qur'an yang tercela dan berulang. Itu menekankan bahwa tindakan menjijikkan seperti itu menghasut kebencian, mempromosikan pengucilan dan rasisme, dan bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan yang dianut secara universal.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus