Surga Kaum Vegan di Istanbul, Ini 7 Restorannya

N Zaid - Wisata Kuliner 10/11/2023
Foto: Dailysabah
Foto: Dailysabah

Oase.id - Apakah Anda seorang vegan sejati, mencoba gaya hidup atau sekadar ingin makan sehat, saat berkunjung ke Istanbul? Tujuh restoran eksklusif vegan ini bisa menjadi rekomendasi tempat yang bisa Anda kunjungi. 

Masing-masing restoran yang terdaftar ini memiliki menu khusus yang berisi makanan lezat bagi para vegan dan dibuat oleh para vegan.

Yuzu Taste of Nature

Istanbul benar-benar tempat yang diberkati bagi para pengunjung vegan karena keberadaan Yuzu Taste of Nature, yang merupakan satu-satunya restoran masakan vegan Asia di Türkiye. 

Restoran ini menawarkan sushi dengan bahan-bahan seperti krim keju vegan, sandwich bao bun, tahu goreng, tempe, dan seitan. Dengan hidangan pembuka seperti gyoza dan baozi, serta hidangan mie dan nasi yang lebih dari sekadar hidangan klasik, tempat ini membuat menjadi vegan menjadi mudah dan lezat. 
Terletak di Moda dan buka dari siang hingga jam 9 malam. (kecuali pada hari Senin), tempat ini bergaya dengan banyak tempat duduk di dalam dan luar. Namun, mereka tidak menerima reservasi, jadi siapa yang datang lebih dulu dilayani.

Sisters & Harvest 

Terletak di Moda, Sisters & Harvest adalah toko roti, masakan, dan toko bunga kuno dan menggemaskan yang menyajikan masakan khas vegan yang manis dan gurih. Tempat yang sempurna untuk sarapan atau makan siang, dan pilihan terbaik untuk dibawa pulang dan diantar ke rumah, Sisters & Harvest menyiapkan sandwich gourmet seperti caprese dengan mozzarella mete, sandwich focaccia dengan sucuk atau pepperoni vegan, dan makanan penutup seperti tiramisu magnolia dan donat krim Boston. 

Ethique Plant-based 

Terletak di Göztepe, Ethique Plant-based adalah toko kue, toko roti, dan kafe Prancis yang 100% nabati yang merupakan tempat menyegarkan di mana Anda dapat membeli roti dan kue segar.

Ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati sarapan, makan siang, makan malam, atau camilan vegan yang lebih baik. Mereka memiliki tempat duduk di dalam dan luar, dan etalase besar yang memamerkan roti dan makanan penutup buatan mereka. Hidangan klasik seperti croque monsieur, crepes jamur, quiche, dan bahkan tartine ubi jalar dipadukan dengan croissant yang eksotis. 

Mereka juga menawarkan sandwich focaccia yang diisi dengan bahan-bahan seperti tahu, harissa, artichoke, dan asparagus yang disiram dengan saus hollandaise. 

Mereka juga memiliki bagian yang dikhususkan sepenuhnya untuk makanan penutup vegan bebas gluten dan toko roti mereka menawarkan roti  dalam berbagai variasi seperti Einkhorn, tomat, dan pisang. 

Meskipun bagi sebagian orang mungkin tampak tidak menarik, ini adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi setiap vegan di Istanbul. Buka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam. setiap hari, mereka tidak mengirim pada hari Minggu.

Bi Nevi Deli

Dibuka pada tahun 2014 dan kini melayani di dua lokasi, Karaköy dan Etiler, Bi Nevi Deli terus menjadi salah satu tempat makan vegan paling populer di Istanbul. Mereka menyajikan sarapan, makan siang, dan makan malam di kedua lokasi dan memiliki menu hidangan internasional yang beragam seperti sandwich Philly, mie zucchini kari hijau, pad Thai, roti seitan Korea, dan berbagai burger nabati, serta masih banyak lagi. 

Menu sarapannya juga diisi dengan beragam item yang nikmat.

Kedua tempat tersebut bernuansa industrial dan nyaman, namun restoran Etiler sangat megah, dengan jendela kaca besar dan tempat duduk di bilik. 

Mereka mengantarkan dan melayani pesanan dari situs web mereka, di mana mereka juga memiliki toko vegan dengan banyak selai kacang, saus, krim kacang mete, granola, seitan dan tempe, serta pakaian jadi. Restoran buka dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam, setiap hari dalam seminggu.

Veganarsist

Jika Anda ingin mencoba masakan khas Turki versi vegan maka Anda harus mengunjungi Veganarsist di Balat dan Kadıköy. Di Balat, tempat makan yang penuh warna dan santai ini memiliki teras yang menghadap ke lingkungan khas di sebelah Tanduk Emas. 

Ini menjadikannya tempat perhentian yang bagus untuk menemukan masakan Turki nabati dan dari sana berjalan-jalan di sekitar Balat. Konon, cabang di Kadikoy juga bagus, dengan tempat duduk pinggir jalan untuk mencoba hidangan klasik Turki seperti lahmacun, tantuni, içli köfte, dan bahkan ayran. Mereka memiliki pilihan hidangan menemen telur palsu, serta daftar sup yang panjang. Mereka memiliki opsi katering untuk pengiriman di situs web mereka. 

Cabang Balat buka mulai pukul 11.00 hingga 20.30, sedangkan cabang Kadikoy buka mulai pukul 10.30 hingga 21.30. setiap hari.

Vegan Food Cartel by Veganzza

Terletak di Beyoğlu, dekat tempat pertemuan Cihangir dan Taksim, Kartel Makanan Vegan oleh Veganzza memiliki banyak menu hidangan daging palsu yang seluruhnya berbahan dasar tumbuhan. 
Restoran daging untuk vegan ini menyajikan hidangan klasik Turki seperti Iskender döner, shish kebap, dan tantuni, serta item seperti steak Café de Paris dan masih banyak lagi. Mereka bahkan menyajikan sepiring "daging" vegan. Namun jika Anda tidak menyukai makanan yang mengingatkan pada daging, mereka tetap siap membantu Anda, karena terdapat banyak menu pizza serta beragam hidangan klasik internasional dan Asia seperti “ayam” dan peri peri General Tso. 

Selain salad, mie (alias mie zucchini), pasta, dan makanan penutup, mereka bahkan memiliki menu anak-anak seperti taco, felafel, dan nasi sayur. Mereka juga menyajikan makanan penutup seperti kue keju dan tahini fudge, beberapa di antaranya juga bebas gluten.

Ruangannya sederhana namun bergaya, dan tentunya nyaman dengan tempat duduk dalam ruangan yang luas dan teras balkon dengan beberapa meja juga. Mereka juga menyediakan beberapa T-shirt lucu yang bisa menjadi hadiah sempurna untuk setiap vegan. 

Vegan Food Cartel by Veganzza

Terletak di Beyoğlu, dekat tempat pertemuan Cihangir dan Taksim, Kartel Makanan Vegan oleh Veganzza memiliki banyak menu hidangan daging palsu yang seluruhnya berbahan dasar tumbuhan. Restoran daging untuk vegan ini menyajikan hidangan klasik Turki seperti Iskender döner, shish kebap, dan tantuni, serta item seperti steak Café de Paris dan masih banyak lagi. Mereka bahkan menyajikan sepiring "daging" vegan. Namun jika Anda tidak menyukai makanan yang mengingatkan pada daging, mereka tetap siap membantu Anda, karena terdapat banyak menu pizza serta beragam hidangan klasik internasional dan Asia seperti “ayam” dan peri peri General Tso. Selain salad, mie (alias mie zucchini), pasta, dan makanan penutup, mereka bahkan memiliki menu anak-anak seperti taco, felafel, dan nasi sayur. Mereka juga menyajikan makanan penutup seperti kue keju dan tahini fudge, beberapa di antaranya juga bebas gluten.

Ruangannya sederhana namun bergaya, dan tentunya nyaman dengan tempat duduk dalam ruangan yang luas dan teras balkon dengan beberapa meja juga. Mereka juga menyediakan beberapa T-shirt lucu yang bisa menjadi hadiah sempurna untuk setiap vegan. Buka dari jam 11 pagi sampai jam 10 malam. setiap hari, makanan mereka juga tersedia untuk diantar ke rumah melalui Getir dan Yemeksepeti.

Vegan Dükkan Lokanta

Yang terakhir adalah Vegan Dükkan Lokanta, sebuah restoran vegan yang dibuka oleh pemasok toko vegan pertama di kota ini. Terletak di Cihangir di ruang kecil dan nyaman, menu ini menawarkan segalanya mulai dari sarapan hingga makan malam dengan berbagai pilihan lezat seperti mantı Turki dan Adana Kebap, serta ravioli yang diisi dengan terong asap dan saus sage. mentega.

Mereka memiliki menu yang beragam, selain beberapa item juga bebas gluten, termasuk sarapan lengkap, serta piring seperti roti panggang alpukat dan hummus. Makanan penutup mereka, terutama kue wortel, sangat lezat. Meskipun restorannya memiliki banyak meja, toko mereka memiliki segala yang diminta. Buka dari Selasa hingga Minggu antara jam 10 pagi hingga 9 malam.(dailysabah)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus