8 Keistimewaan buat Para Penghafal Al-Quran

Octri Amelia Suryani - Penghafal Al-Quran Al-Quran Nabi Muhammad Saw 29/03/2022
Doa (Gambar oleh 15329403 dari Pixabay)
Doa (Gambar oleh 15329403 dari Pixabay)

Oase.id - Al-Quran adalah kitab yang diturunkan lafal dan maknanya oleh Allah Swt kepada Nabi Muhammad ﷺ. Al-Quran adalah kitab suci yang kekal abadi, Kitab yang terpelihara dan dijaga oleh Allah Swt hingga akhir zaman.

Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi manusia untuk mendapat kebahagiaan di dunia maupun akhirat. Bahkan, bagi orang yang menjaga Al-Quran lewat hafalan akan mendapat posisi yang terhormat dan kemuliaan dalam kehidupan di dunia dan akhirat.

Orang yang menghafal Al-Quran mendapat posisi istimewa di mata Allah Swt dan Rasulullah ﷺ. Bagi penghafalnya, Al-Quran juga menjanjikan kebaikan, berkah, dan kenikmatan, serta penghafal Al-Quran jaminannya adalah surga. Karena itulah, umat muslim pun dianjurkan untuk menghormati para penghafal Al-Quran.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut keistimewaan yang akan didapat para penghafal Al-Quran:

1. Golongan Manusia Terbaik

Penghafal Al-Quran akan menjadi golongan manusia terbaik. Berdasarkan hadis riwayat Bukhari, Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

خيركم من تعلم القرآن وعلمه 

Artinya: Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.

Dari hadis tersebut diketahui bahwa Al-Quran mengandung kebaikan bagi umat Islam. Dengan membaca, menghafal, serta memahami ayat-Nya, Allah akan melimpahkan rahmat dan kasih sayang-Nya.

2. Lebih Utama Jadi Imam Salat

Keistimewaan menghafal Al-Quran yang kedua adalah lebih utama menjadi imam salat. Rasulullah bersabda dalam hadis riwayat Bukhari yang artinya: "Yang lebih berhak memimpin kamu adalah yang paling bagus bacaan Al-Quran di antara kamu."

3. Mendapatkan Syafaat

Penghafal Al-Quran akan mendapat keistimewaan di akhirat. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah ﷺ bersabda bahwa Al-Quran bisa memberikan syafaat atau pertolongan kepada para penghafalnya.

4. Pahala Berlipat Ganda

Membaca Al-Quran merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah. Dalam ibadah ini, Allah berjanji akan melipatgandakan pahalanya menjadi 10 kali lipat.

Dalam hadis riwayat Tirmidzi, Rasulullah ﷺ bersabda:

"Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka baginya sepuluh pahala dan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat, dan aku tidak mengatakan alif-lam-mim itu satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf tersendiri."

5. Keinginan Dikabulkan Allah Swt

Keistimewaan yang didapat oleh penghafal Al-Quran adalah dikabulkannya keinginan oleh Allah Swt. Dalam hadis riwayat Tirmidzi, dari Sa'id al-Khudri Ra, Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

"Allah berfirman, 'Barang siapa yang disibukkan dengan Al-Quran dan mengingat-Ku, maka akan aku berikan keutamaan kepadanya lebih besar dari apa yang Ku berikan kepada lainnya dan keutamaan kalam Allah dibanding kalam lain ibarat keutamaan Allah dengan makhluknya."

6. Hati Menjadi Indah dan Tenang

Bagi penghafal Al-Quran, hatinya akan menjadi lebih indah dan tenang. Rasulullah bersabda dalam hadis riwayat Tirmidzi: "Sesungguhnya seseorang yang di dalam jiwanya tidak ada sedikit pun dari Alquran, ibarat sebuah rumah yang rusak."

Allah Swt berfirman dalam Al-Quran surah Ar-Ra'd ayat 28 mengenai jiwa manusia yang selalu mengingat Al-Quran dan Allah:

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ

Artinya: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.

7. Kedudukan yang Tinggi

Menghafal Al-Quran adalah salah satu cara untuk mendapatkan kedudukan atau derajat yang tinggi. Nabi Muhammad dalam hadis riwayat Muslim bersabda: "Sesungguhnya Allah mengangkat derajat kamu dengan kitab ini dan menjatuhkan yang lain."

8. Kedua Orang Tuanya akan Disematkan Mahkota

Keistimewaan lainnya tidak hanya didapat oleh penghafal itu sendiri. Namun, orang tuanya juga mendapat keistimewaan dari Allah Swt. Bagi penghafal Al-Quran kelak di akhirat orang tuanya akan disematkan mahkota.

 عَن مُعَاذِنِ الجُهَنِيِ رَضَي اللٌهُ عَنَهُ قَالَ:قَالَ رَسُولُ اللٌه صَلَي اللٌهَ عَلَيهِ وَسَلَمَ مَنَ قَرَأ القُرانَ وَعَمِلَ بِمَافِيهِ اُلُبِسَ وَالِدَاهُ تَاجًا يَومَ القَيِامَةِ ضَووُهَ اَحسَنُ مِنُ ضَوءِ الشٌمسِ فيِ بُيُوُتِ الدٌنَيا فَمَا ظَنٌكُم بِالَذِيُ عَمِلَ بِهذَا (رواه احمد وابو داوود ووصححه الحاكم) 

Artinya: Dari Mu'adz Al-Juharni RA, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa membaca Al-Qur'an dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya, maka kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota pada hari Kiamat yang cahayanya lebih terang daripada cahaya matahari seandainya berada di rumah-rumah kalian di dunia ini. Maka bagaimana menurut perkiraan kalian mengenai orang yang mengamalkannya?" (HR. Ahmad dan Abu Dawud)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus