Solidaritas Antaragama Ditunjukkan Setelah Ada Ancaman Terhadap Muslim di Universitas Victoria

N Zaid - Diskriminasi Islam 15/07/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Anggota dari berbagai agama menghadiri pertemuan doa Muslim di Pusat Multifaith Universitas Victoria Kanada pada hari Jumat. Aksi ini menunjukkan solidaritas setelah ancaman yang dipasang di pintu menyebabkan pembatalan shalat Jumat pada minggu sebelumnya.

Sekitar 120 pasang sepatu memenuhi serambi pusat tersebut pada Jumat sore. Saat orang-orang berlutut untuk berdoa, beberapa orang yang tetap berdiri di dekat bagian belakang ruangan menundukkan kepala mereka sebagai tanda hormat, termasuk beberapa orang yang mengenakan kippah, penutup kepala yang biasanya dikenakan oleh pria Yahudi Ortodoks.

Minggu sebelumnya, seorang penjaga yang bekerja pada shift pagi di Multifaith Center menemukan dua catatan menempel di pintu yang menargetkan penganut agama Islam, yang menyebabkan kehadiran polisi dan keamanan kampus menutup gedung tersebut.

Catatan tersebut berisi teks dalam bahasa Inggris, Ibrani, dan Arab yang menargetkan agama Islam, serta pesan-pesan anti-Iran dan anti-Palestina.

Wakil Kepala Polisi Oak Bay Kris Rice menyatakan pada hari Senin bahwa catatan tersebut telah ditinjau oleh penyelidik kejahatan kebencian dan telah diteruskan ke unit kejahatan kebencian RCMP untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Universitas berkomitmen untuk “terus melakukan segala yang kami bisa untuk menjadikan UVic tempat yang aman bagi semua anggota komunitas kami,” kata presiden UVic Kevin Hall dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat. 

SM. Asosiasi Muslim, yang diidentifikasi sebagai organisasi Muslim Sunni terbesar di provinsi tersebut, mengkritik kegagalan UVic dalam mengeluarkan pemberitahuan publik atau peringatan kepada komunitas Muslim setelah ancaman tersebut diketahui, sehingga banyak orang mengetahui pesan-pesan kebencian tersebut melalui media sosial.

“Tindakan tercela ini telah menyebabkan kesusahan, ketakutan, dan kekhawatiran yang signifikan dalam komunitas Muslim,” katanya dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat. “BCMA sangat terganggu dengan kurangnya komunikasi dan transparansi universitas mengenai masalah ini.”

Mohammed Imtiaz Asin, wakil presiden hubungan masyarakat dan komunikasi asosiasi tersebut, mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari Jumat bahwa dia senang dengan cara UVic bekerja sama dengan asosiasi tersebut sejak insiden tersebut.

Asin mendorong umat Islam di Victoria untuk melaporkan potensi kejahatan rasial, meskipun hal tersebut tidak nyaman untuk dilakukan. “Kita perlu memberikan data analitis kepada pemerintah yang pada gilirannya memungkinkan kita mendukung kelompok yang beragam ini. Kita perlu menunjukkan kepada pemerintah, kita perlu menunjukkan kepada masyarakat bahwa hal seperti ini sedang terjadi.”

Tidak seperti komunitas agama lainnya, umat Islam sering meremehkan tindakan kebencian yang ditargetkan dan mencoba mengatasi masalahnya sendiri, kata Asin.

SM Ketua Asosiasi Muslim Cabang Victoria, Adel Guitouni, mengatakan Hall bertemu dengan asosiasinya dan Dewan Nasional Muslim Kanada pada Jumat pagi, di mana dia berkomitmen untuk “mengatasi bias dan kekurangan dalam komunikasi” yang terungkap dalam insiden minggu lalu.

“Kami diyakinkan oleh President Hall bahwa akan ada komitmen yang kuat tidak hanya untuk mengatasi kegagalan tersebut, namun juga untuk menciptakan kampus yang adil, inklusif dan beragam, di mana semua orang, termasuk Muslim, Palestina dan Iran – yang secara khusus menjadi sasaran pemberitahuan tersebut. tertinggal di pintu kapel multi-agama - terasa seperti di rumah sendiri.”

Sementara itu, program keagamaan Islam di UVic akan terus berjalan sesuai rencana, kata Gulsen Cok, penyedia layanan spiritual Muslim di pusat tersebut.

Cok mengatakan pada hari Jumat bahwa dia masih sedikit gugup dengan kuliahnya pada hari Sabtu setelah kejadian minggu lalu. “Tapi itu tidak akan menghentikan kami. Kami akan melanjutkan apa yang kami lakukan.” (timescolonist.com)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus