Puasa Ramadhan Dapat Meningkatkan Kesehatan Anda Secara Drastis

N Zaid - Puasa 15/03/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Selama bulan Ramadhan, umat Islam tidak makan dan minum sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari setiap hari.

Dalam Islam, puasa adalah salah satu bentuk ibadah yang menumbuhkan pertumbuhan spiritual dan hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan. Ini juga merupakan cara untuk melatih pengendalian diri dan menunjukkan empati terhadap mereka yang membutuhkan.

Saat matahari terbenam setiap hari, berbuka puasa menjadi momen syukur, renungan, dan persatuan.

Tindakan disiplin diri ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk membersihkan jiwa dan memperkuat hubungan seseorang dengan Yang Ilahi, namun juga memiliki efek yang besar pada tubuh.

Para ahli di bidang gastroenterologi, kardiologi, dan endokrinologi mengatakan puasa Ramadhan dapat berdampak positif bagi kesehatan fisik.

Telah terbukti meningkatkan pencernaan, meningkatkan metabolisme dan meningkatkan penurunan berat badan. Selain itu, memungkinkan tubuh untuk melakukan detoksifikasi dan meremajakan, sehingga menghasilkan vitalitas baru.

Ahli gastroenterologi telah mencatat bahwa puasa dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dengan memberikan istirahat dari pencernaan yang terus-menerus, sehingga memungkinkan untuk menyembuhkan dan mengatur dirinya sendiri.

Berbuka puasa dengan kurma selama bulan Ramadhan berhubungan dengan adat istiadat Islam dan dianggap penting secara spiritual, seperti yang biasa dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Kurma merupakan sumber nutrisi yang baik, termasuk karbohidrat, serat, gula, magnesium, dan potasium. Konsumsi kurma menyebabkan peningkatan kadar gula darah dengan cepat, dan tingginya jumlah karbohidrat dalam kurma membantu memperpanjang rasa kenyang.

Menurut rumah sakit Cleveland Clinic, sebagian besar penyakit dan kondisi gastrointestinal dapat diobati atau dicegah.

Ini termasuk sindrom iritasi usus besar, yang menyebabkan kembung, kram perut yang menyakitkan, sembelit, dan terkadang diare. Contoh lainnya adalah batu empedu, pankreatitis, hepatitis, dan sindrom malabsorpsi.

Adeeb El-Ghalayini mengatakan kepada Arab News bahwa puasa selama sebulan memiliki nilai dan dampak yang luar biasa pada sistem pencernaan bagi orang yang menderita masalah kronis atau orang sehat yang ingin menjaga kesehatan ususnya.

El-Ghalayini adalah kepala unit gastroenterologi dan endoskopi, konsultan gastroenterologi dan endoskopi terapeutik, dan direktur program fellowship di International Medical Center, atau IMC, di Jeddah.

Ia mengatakan bahwa untuk mendapatkan manfaat puasa selama Ramadhan, seseorang harus mengikuti kebiasaan makan yang sehat, bersih, dan ringan.

Hal ini memungkinkan tubuh melakukan detoksifikasi dan meningkatkan kekebalan terhadap bakteri dan virus yang terakumulasi dalam sistem pencernaan selama bertahun-tahun.

“Ide utamanya adalah memberikan waktu istirahat pada sistem pencernaan kita agar flora normal dan sehat yang melapisi lambung dan usus kita dapat bereplikasi dan menyingkirkan bakteri jahat yang menyebabkan kembung, nyeri, refluks asam, dan banyak lagi,” kata El- Ghalayini.

Tumbuhan yang sehat akan memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik, menyediakan sumber energi yang besar dan mengurangi rasa lelah di awal Ramadhan.

Dia menambahkan bahwa pada akhir Ramadhan, gejala gastrointestinal akan membaik secara nyata, dan frekuensi keluhan selama sisa tahun ini akan berkurang.

Ahli jantung telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kesehatan jantung pada orang dengan atau tanpa penyakit yang sudah ada sebelumnya.

“Puasa memiliki beberapa dampak positif pada faktor risiko kardiovaskular, seperti menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mendorong penurunan berat badan, yang akan menyebabkan penurunan kejadian jantung di masa depan seperti serangan jantung atau stroke,” Dr. Seraj Abualnaja mengatakan kepada Arab News.

Abualnaja adalah konsultan ahli jantung intervensi, dan kepala pusat jantung di IMC di Jeddah.

Meskipun puasa dapat memberikan manfaat, Abualnaja mengatakan bahwa “individu dengan masalah kardiovaskular harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum berpuasa selama Ramadhan untuk menilai status kesehatan mereka dan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi.”

Ahli endokrinologi juga mengamati bahwa puasa dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau berisiko terkena penyakit tersebut.

Ahmed BaSaeed, konsultan endokrinologi, penyakit metabolik, dan penyakit dalam di The First Clinic di Jeddah, mengatakan kepada Arab News: “Puasa meningkatkan kadar gula darah, terutama bagi pasien diabetes tipe 2, karena kita mengurangi jumlah asupan makanan dan tidak diperbolehkan makan pada siang hari.”

BaSaeed mengatakan, individu non-diabetes yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes.

“Puasa membantu mendorong gaya hidup yang lebih sehat dengan mengurangi kalori, gula, minuman soda, dan pati, sehingga mendorong penurunan berat badan.”

Dia mengatakan masyarakat harus menghindari makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti roti putih, permen dan pasta, yang dengan cepat meningkatkan gula darah dan kolesterol jahat.

BaSaeed mengatakan penting untuk menghindari konsumsi makanan dalam jumlah besar dengan cepat. Harus ada fokus pada pola makan seimbang dengan peningkatan asupan protein.

“Pasien diabetes harus mengukur gula darahnya lebih sering, terutama pasien yang menggunakan insulin atau obat yang meningkatkan risiko hipoglikemia atau gula darah rendah.”

Jika gula darah mencapai tingkat rendah – 70 miligram per desiliter atau di bawahnya – penderita diabetes harus segera berbuka puasa, kata BaSaeed.

Para dokter sepakat bahwa menghindari dampak buruk puasa terutama dilakukan melalui pola makan seimbang.

El-Ghalayini berkata: “Satu-satunya cara untuk mengatasi efek puasa yang tidak diinginkan adalah dengan membagi makanan kita menjadi porsi kecil setelah sarapan, menghindari makan berlebihan, dan mencoba memulai dengan cairan hangat yang membantu meningkatkan suplai darah ke sistem pencernaan. seolah-olah kita sedang melakukan pemanasan.”

Minum banyak air dan meningkatkan asupan serat sangat penting untuk menghindari gangguan pencernaan atau sembelit, karena hal ini biasa terjadi selama menstruasi.

“Menjaga olahraga teratur dan tidak merokok juga penting selama Ramadhan,” kata Abualnaja.

Di luar manfaat fisik, puasa selama Ramadhan menumbuhkan rasa empati dan solidaritas terhadap mereka yang kurang beruntung, karena seseorang merasakan langsung rasa lapar dan haus.

Bagi jutaan umat Islam di seluruh dunia, puasa selama Ramadhan adalah pengingat yang kuat akan pentingnya disiplin diri, kasih sayang, dan pertumbuhan spiritual.
    


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus