Tentang Manfaat  Tin, Buah yang Disebut Dalam Al-Quran

Buah Tin (Foto: 1195798/Pixabay)
Buah Tin (Foto: 1195798/Pixabay)

Oase.id - Buah tin adalah salah satu buah-buahan yang disebut dalam Al-Quran. Nama buah ini bahkan menjadi nama surah ke-95 dalam susunan musaf Al-Quran yaitu surah At-Tin.

Dalam satu riwayat, dikisahkan bahwa Surah At-Tin pernah dibaca dalam salat oleh Nabi Muhammad ﷺ ketika bersafar. Kata Albara’ bin Azib dalam Kitab Shahih Muslim bahwasanya nabi pernah bersafar dan saat salat Isya Beliau ﷺ membaca dalam salah satu rakaatnya surah At-Tin yang terdiri dari 8 ayat ini.

Dari Al Bara' bin Azib RA, ia berkata, "Aku pernah mendengar Rasulullah ﷺ pada salat Isya membaca surah At Tin. Aku tidak pernah mendengar orang yang lebih bagus suaranya dari pada Beliau. (HR Muttafaq 'alaih).

Ini merupakan kabar bahwa Nabi Muhammad ﷺ memiliki suara yang indah dalam membaca Al-Quran.

Dalam surah At-Tin, buah Tin disebutkan pada ayat pertama; “Wat-tīni waz-zaitụn” yang artinya  "Demi (buah) tin dan (buah) zaitun."

Secara umum, surat ini berisi perintah kepada manusia untuk berbuat amal shaleh sehingga dapat selamat dari api neraka. Surah At-Tin juga menjadi peringatan bagi mereka yang tidak meyakini adanya hari pembalasan.

Dalam surah ini Allah bersumpah dengan menyebut nama buah Tin, Zaitun dan Bukit Sinai serta Kota Makkah.

Tentang buah tin

Dalam masyarakat Arab sendiri, buah tin memang sudah lama dikenal.  Buah tin atau buah ara telah dikaitkan dengan kemakmuran dan kesehatan sejak zaman kuno.

Lalu bagaimana sebenarnya buah tin yang disebut dalam Al-Quran itu?

Buah tin, tidak seperti buah lain, secara teknis adalah kumpulan bunga terbalik yang, jika dibiarkan, akan mekar dari dalam ke luar. Mereka tumbuh secara umum di Mediterania dan Timur Tengah - lokasi yang cuaca di sebagian besar tahunnya, panas, cerah, dan kering.

Sebelum gula menjadi populer, buah tin biasanya digunakan untuk mempermanis makanan penutup – Anda mungkin pernah mendengar tentang “puding figgy.” Saat ini, ketika orang mulai beralih dari gula rafinasi, banyak yang kembali ke buah tin untuk memberikan alternatif yang lebih sehat.

Manfaat buah tin untuk kesehatan

Salah satu alasan mengapa banyak situs web makan sehat menampilkan makanan dengan buah tin adalah karena buah ini memuaskan hasrat yang manis sambil juga memberikan banyak manfaat kesehatan yang penting.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat kamu nikmati ketika kamu makan buah tin.

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke. Salah satu faktor yang menyebabkan tekanan darah tinggi adalah ketidakseimbangan kalium yang disebabkan oleh makan terlalu banyak natrium dan tidak cukup kalium.

Buah tin adalah makanan kaya kalium dan dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan itu. Sementara itu, kadar serat yang tinggi dalam buah tin dapat membantu membuang kelebihan natrium dari sistem.

2. Meningkatkan Pencernaan

Masalah pencernaan mulai dari sembelit hingga diare. Di kedua ujung spektrum, meningkatkan asupan serat dapat membantu. Selain kandungan seratnya yang tinggi, buah tin membantu pencernaan dengan cara lain. Buah ini adalah sumber prebiotik yang sangat baik, yang meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan.

3. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Buah ara merupakan sumber kalsium dan potasium yang baik. Mineral ini dapat bekerja sama untuk meningkatkan kepadatan tulang, yang pada gilirannya dapat mencegah kondisi seperti osteoporosis.

Studi menunjukkan bahwa diet kaya kalium, khususnya, dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi pergantian tulang. Sementara itu, kalsium adalah komponen struktural utama tulang, dan peningkatan asupan kalsium telah terbukti memperbaiki struktur mineral tulang pada anak-anak dan remaja.

4. Sumber Nutrisi

Salah satu manfaat utama buah ara adalah bahwa mereka adalah makanan alami bebas lemak dan bebas kolesterol. Mereka juga merupakan sumber yang sangat baik untuk: Vitamin A, Vitamin C, Kalsium, Besi, Kalium, Magnesium.

Meskipun buah tin sehat dalam jumlah sedang, penting untuk diingat bahwa ukuran porsinya adalah satu buah tin sedang. Selalu perhatikan jumlah buah tin dalam makanan yang Anda makan, batasi diri Anda untuk menjaga asupan gula secara keseluruhan tetap rendah.

Bagaimana Mempersiapkan Buah Tin

Buah tin dapat dengan mudah dimakan segar sebagai camilan, atau dibelah dua dan dimasukkan ke dalam salad atau sandwich untuk menambah kerenyahan dan rasa. Namun, ada juga sejumlah cara lezat untuk memanggang menggunakan buah tin sebagai pemanis.

Salah satu pilihannya adalah memotong buah tin menjadi kecil-kecil dan mencampurnya ke dalam adonan seperti kamu mencampurkan kismis. Disiapkan seperti ini, buah tin cocok untuk roti, kue, dan muffin.

Batang tin dapat dibuat dengan memasak buah tin cincang di atas api sedang sampai lunak dan lembab. Kemudian, mereka bisa ditekan ke dalam panci dengan bahan lainnya.

Pilihan lainnya adalah memotong buah tin memanjang, membumbui dengan madu dan kayu manis, dan memanggangnya dalam oven selama 40 menit untuk membuat makanan penutup yang manis atau lauk yang lezat.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus