Baca Doa Ini Saat Naik Kendaraan, Agar Terhindar dari Kecelakaan

Kondisi mobil yang ditumpangi Vanessa Angel usai mengalami kecelakaan di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672, Kamis (4/11/2021). (Foto: IST)
Kondisi mobil yang ditumpangi Vanessa Angel usai mengalami kecelakaan di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672, Kamis (4/11/2021). (Foto: IST)

Oase.id - Dunia selebritis Indonesia digemparkan dengan berita meninggalnya Vanessa Angel dan suaminya Febri Ardiansyah akibat kecelakaan mobil. Berangkat dari insiden ini, tidak ada salahnya kita sebagai umat muslim kembali mengingat doa saat naik kendaraan.

Dalam Islam, kita senantiasa dianjurkan memanjatkan doa sebelum atau sesudah melakukan aktivitas apapun. Termasuk ketika kita akan naik kendaraan, baik itu mobil, motor, kereta, kapal atau pesawat.

Tujuan kita memanjatkan doa sebelum naik kendaraan adalah agar kita terhindar dari kecelakaan yang mungkin terjadi di dalam perjalanan, dan selalu berada dalam lindungan Allah Swt sampai tempat tujuan.

Sebelum naik kendaraan, kita dianjurkan untuk membaca basmalah dan kemudian membaca doa naik kendaraan.

Doa Naik Kendaraan

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Subhaanalladzi sakhara lanaa haadza wa maa kunnaa lahu muqriniin, wa innaa ilaa rabbina lamunqalibuun

Artinya: "Maha suci Dzat yang telah menundukkan (kendaraan) ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sesungguhnya kami akan kembali pada Tuhan kami."

Vanessa Angel dan suaminya Febri diketahui jadi korban meninggal dalam kecelakaan tunggal yang terjadi di di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672, Kamis (4/11/2021) hari ini. Sementara itu, tiga korban lainnya dilaporkan selamat. Mereka adalah, putra Vanessa yang masih balita, lalu pengasuhnya dan sopir yang mengemudikan mobil.

Sebagai muslim, kita dianjurkan mengucapkan "Innalillahi wa innaa ilaihi raajiuun" ketika mendengar kabar buruk/duka. Anjuran lainnya adalah, kita mendoakan agar amal ibadah almarhum/almarhumah diterima dan mendapat tempat di sisi Allah Swt.  


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus