Tuntunan-Tuntunan Menghadapi Sakaratul Maut

N Zaid - Mati Syahid 08/11/2023
Ilustrasi. Foto: Pixabay
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Oase.id - Mati husnul khatimah adalah impian setiap muslim. Untuk itu, dalam menghadapi proses berpisahnya raga dengan jiwa, seseorang sedianya berharap agar melewatinya dengan melakukan anjuran-anjuran syariat Islam.

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi tuntunan Islam ketika menghadapi sakratul maut.  

Berbaik sangka

Jika seorang Muslim menderita sakit dan mendekati saat kematian, hendaklah ia berbaik sangka terhadap Allah, bahwa Dia akan merahmatinya, dan rahmatNya itu meliputi segala sesuatu, berdasarkan sabda Rasulullah.

Janganlah salah seorang di antara kalian mati, kecuali dalam keadaan berbaik sangka terhadap Allah.(HR Muslim).

Mentalqin

Dan ketika di hadapan kita, seseorang sedang mengalami sakaratul maut, maka kita diperintahkan untuk mentalqin (memberikan tuntunan) orang yang sedang menghadapi kematian itu.

Dalam kitab Minhajul Muslim yang ditulis Syaikh Abu Bakar  Jabir al-Jaza 'iri, jika seorang Muslim melihat saudaranya sesama Muslim sedang menghadapi kematian, hendaklah ia menuntunnya supaya mengucapkan kalimat ikhlas dengan cara membisikinya, yakni mengucapkan kalimat."Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah (La ilaha ilallah)"

Hendaklah ia mengingatkannya hingga sadar serta mau mengucapkannya. Jika saudaranya telah mengucapkannya, hendaklah ia menahan diri dari menuntunnya. Jika saudaranya kembali lagi mengucapkan perkataan yang lainnya, selain kalimat ikhlas (la ilaha Ilallah), hendaklah ia menuntunnya kembali supaya mengucapkan kalimat ikhlas dengan harapan bahwa ucapan terakhirnya adalah kalimat la ilaha ilallah.

Sehingga saudaranya, itu kelak masuk surga. Hal itu berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. 

"Tuntunlah orang yang hendak meninggal dunia di antara kalian supaya mengucapkan kalimat La ilaha ilallah." (HR Muslim)

kemudian Beliau shallallahu alaihi wa sallam bersabda

Barangsiapa yang akhir ucapannya ialah kalimat, Tidak ada tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah niscaya ia masuk surga. (HR Ahmad)

Mendoakan yang baik

Selain itu, seorang muslim dianjurkan untuk banyak mendoakan dengan husnul khathimah khususnya ketika sakaratul maut dan tidak mengucapkan pada saat itu kecuali ucapan yang baik.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila kalian menghadiri orang yang sakit atau orang yang mau meninggal maka ucapkanlah ucapan yang baik, karena sesungguhnya malaikat mengaminkan apa yang kalian ucapkan.” (HR. Muslim, dari Ummu Salamah)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus